EDUNEWS

Sumber Daya Agraria Dikelola Swasta, Petani Dan Mahasiswa Demo Kejati Jabar

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Sejumlah petani, mahasiswa dan aktivis lingkungan memblokir Jalan RE Martadinata (Jalan Riau) Kota Bandung, Rabu (21/9/2016). Ruas jalan yang ditutup mulai perempatan Jalan Riau-Jalan Lombok hingga Jalan Riau-Jalan Sabang.

Akibat pemblokiran jalan ini, arus lalulintas pun dialihkan. Kendaraan dari arah timur ke barat dibelokan ke Jalan Lombok atau Citarum. Sedangkan kendaraan dari arah barat ke timur dibelokan ke Jalan Sabang.

Penutupan jalan ini terkait aksi demo yang dilakukan para petani, mahasiswa, dan aktivis lingkungan di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar. Para petani, mahasiswa dan aktivis lingkungan itu duduk lesehan di badan jalan. Sementara perwakilan mereka silih berganti berorasi di atas truk bak terbuka yang diparkir di badan jalan.

Baca juga :  Bank Indonesia : Uang Kuliah di Jogja Naik Drastis

Di depan kantor Kejati Jabar, para pendemo menuntut aparat kejaksaan untuk mengusut praktik korupsi dalam bentuk suap dan pemerasan dalam penguasaan, pemanfaatan, dan pengelolaan sumber daya agraria, baik oleh BUMN maupun perusahaan swasta.

Para petani, mahasiswa dan aktivis lingkungan itu menamakan diri Koalisi untuk Revolusi Kebijakan Agraria (KuRKA). Organisasi yang tergabung dalam KuRKA antara lain, Serikat Petani Pasunsan (SPP), KPRI, P3I, Walhi Jabar, LBH Bandung, PMII Cabang Bandung, dan HMI Cabang Bandung.

Setelah berunjukrasa di depan kantor Kejati Jabar, massa akan bergerak menuju ke Gedung Sate untuk berdemo di depan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!