EDUNEWS

Tahu Tidak ?, Saat Ini Ada 9000 Pelajar Indonesia Sementara Belajar di Eropa

Jakarta, EduNews.id--Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend mengatakan, sebanyak 9.000 siswa Indonesia kini sedang melanjutkan studi mereka di Eropa.

“Eropa menjadi tujuan pendidikan yang semakin populer di kalangan siswa Indonesia, yang mana secara total sekitar 9.000 siswa dari Indonesia sedang belajar di Eropa saat ini,” katanya, dilansir dari republika.co.id, Sabtu (28/5/2016)

Ia menjelaskan, lebih dari 5.000 siswa asal Indonesia berangkat ke Eropa untuk melanjutkan kuliah pada jenjang S1 dan S2 tahun 2015. “Dan jumlah mereka (siswa Indonesia) yang datang untuk belajar di Eropa terus meningkat setiap tahunnya, rata-rata bisa mencapai lima hingga sepuluh persen,” jelas Guerend.

Baca juga :  KKN-PPM 2016 UGM Diikuti 5.813 Mahasiswa

Ia berpendapat, pada tahun-tahun berikutnya, jumlah siswa Indonesia yang berminat melanjutkan studi ke Eropa akan semakin tinggi. “Kami yakini akan ada penambahan, tentu saja karena di Eropa terdapat lebih dari 4.000 perguruan tinggi, dengan 15 ribu program S2 yang diajarkan dalam Bahasa Inggris. Jadi, urusan bahasa tidak akan ada kendala, bahkan di negara-negara yang sehari-harinya tidak menggunakan Bahasa Inggris,” tuturnya.

Advertisement

Selain itu, lanjutnya, sebagian besar perguruan tinggi di Eropa menawarkan fasilitas berteknologi tinggi dengan uang kuliah yang lebih murah dibandingkan sebagian negara lain. “Dan tentu saja, kami memiliki suasana belajar yang baik bagi para siswa, dengan kondisi lingkungan kota yang masih asri. Kami percaya, alasan ini menjadikan Eropa sebagai pilihan terbaik jika ingin belajar di luar negeri,” kata Guerend.

 

 

[Republika]

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com