EDUNEWS

‘Taman Hati’, Taman Belajar Anak Berbasis Lingkungan Hidup

YOGYAKARTA, EDUNEWS.id-Pendidikan anak merupakan hal yang penting untuk proses memajukan bangsa ini, seperti yang kita ketahui bersama bahwa seorang anak merupakan aset masa depan di suatu Negara oleh karena itu pendidikan akan menjadi suatu hal yang sangat penting.

Hal menarik yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam ranga Kuliah Kerja Nyata (KKN), dengan menginisiasi program ”Taman Hati”.

Taman hati merupakan taman belajar untuk anak berbasis lingkungan hidup, yang mana didalamnya memuat kegiatan edukasi khususnya untuk anak – anak. Bukan suatu hal yang mudah untuk menjalankan sebuah program ini namun dengan kegigihan superteam yang dimiliki dengan jumlah pasukan empat belas mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kegiatan mencerdaskan ini mulai berjalan sesuai konsep yang di canangkan.

Baca juga :  Jaga Mutu Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, AMIK Imelda Gelar Seminar Nasional

Taman Hati 2 ‘Taman Hati’ ini terletak di Pedukuhan Sebaran, Desa Sidoarum, Kecamatan Godean,Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Adapun waktu kegiatan yakni hari Senin, Selasa, Kamis, Jum’at dan Minggu yang dilakukan secara rutin pada sore hari perminggunya dengan jadwal mengajar yang sudah ditetapkan. Kegiatanya antara lain adalah pendidikan ekoliterasi anak, dimana anak – anak diajarkan untuk mengenal lingkungan hidup dan bagaimana memanfaatkan potensi sumber daya alam sekitar untuk menjadi seubuah kreatifitas. Bukan hanya itu saja anak – anak juga diajarkan untuk menanam dan merawat tanaman sampai dengan memanfaatkan limbah rumah tangga untuk dijadikan sarana menanam. Selain itu juga TAMAN HATI ini memiliki satu tempat menarik yakni Pojok Taman Bacaan dimana disitu disediakan berbagai macam buku – buku
yang berbau dengan pendidikan anak.

Baca juga :  Kemendikbud Minta Tambahan Anggaran Rp12,22 Triliun

Anak diajarkan untuk lebih mengenal jauh arti penting dari membaca seperti yang dikatakan oleh Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Anies Baswedan “ Kualitas terbesar disuatu Negara bukan karena Sumber Daya Alamnya melainkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan gemar membaca” oleh karena membaca adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap anak Indonesia.

 

[Cecep Jamiat ; Mahasiswa Fisipol UMY]

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!