EDUNEWS

Target Kunjungan Wisatawan Tinggi, Komisi X Minta Kemenpar Tingkatkan Jumlah STP

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra mengatakan pihaknya mendorong kepada Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan jumlah Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) di Tanah Air. Mengingat, dengan target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara yang tinggi, tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sepadan.

“Target Wisman sebesar 20 juta dan Wisnus sebanyak 275 juta Wisnus pada tahun 2019, harus didukung oleh peningkatan SDM. Kedepannya, kami akan terus mendorong kementerian Pariwisata agar terus meningkatkan jumlah Sekolah Tinggi Pariwisata, sehingga ada solusi baru terhadap tenaga kerja kita,” kata Sutan usai memimpin Rapat Dengar Pendapat antara Panja Pemasaran dan Destinasi Pariwisata dengan STP Bali dan STP Sahid di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/09/2016).

Baca juga :  Debat Pilpres Kedua Tanpa Kisi-kisi, PDIP Bilang Begini

Politisi dari Fraksi Gerindra itu menilai, dengan 6 STP yang dikelola Kemenpar hingga saat ini, masih minim. Jika dibandingkan dengan jumlah destinasi pariwisata yang ditetapkan Kemenpar pun belum sebanding. Di satu sisi, STP yang sudah ada pun perlu mendapat penguatan.

Advertisement

“STP masih membutuh penguatan. Terkait program studi di STP, masih butuh ditingkatkannya koordinasi antara STP yang dikelola oleh Kemenpar dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” ujarnya.

Politisi asal Dapil Jambi itu kembali menegaskan, dibutuhkan koordinasi yang lebih intens lagi dengan kementerian terkait terhadap STP serta juga perlu diperkuat dengan rasio dosen yang memadai. mengingat pariwisata juga diandalkan dalam penerimaan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

Sebelumnya, perwakilan dari STP Sahid Kusmayadi mengatakan, pengembangan SDM di pihaknya fokus pada supply dan demand.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com