EDUNEWS

Tips Belajar Efektif dengan Sistem ‘SKS’

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Bagi para pelajar, pasti tidak asing lagi dengan pola belajar SKS (sistem kebut semalam) atau bahkan sistem kebut subuh. Cara belajar ini dinilai tidak efektif karena menumpuk informasi yang dipelajari secara cepat dan pada saat ujian tiba, materi yang telah dipelajari justru malah terlupakan.

Namun bagi kalian yang terlanjur akan menghadapi ujian besok dan sama sekali belum belajar sebelumnya, berikut ini 5 tips agar belajar dengan system tersebut efektif:

1. Buat ruang belajar senyaman mungkin

Usahakan untuk menghindari gangguan saat belajar agar kamu cepat fokus pada materi yang akan dipelajari. Jauhkan gawai selama belajar karena khawatir akan merangsang untuk membuka aplikasi media sosial yang justru akan memecah konsentrasi. Jika diperlukan, kamu bisa mendengarkan lagu favorit sebelum belajar untuk meningkatkan semangat.

Baca juga :  Ketua KNPI Sulsel: Pemuda Harus Aktif Menjaga Pusaka Leluhur

2. Hindari tidak tidur

Meskipun harus belajar sebelum ujian, namun jika melewatkan waktu tidur, saat hari ujian keesokan harinya justru akan berantakan. Mengantuk dan tidak berkonsentrasi saat mengerjakan ujian akan membuat hasilnya menjadi buruk.

Selain itu, kamu akan bangun kesiangan yang menyebabkan terlambat datang ke sekolah. Usahakan tidur tidak terlalu larut agar bisa bangun lebih awal dan dini harinya kamu bisa kembali belajar karena saat bangun tidur, otak masih segar sehingga bisa menyimpan informasi cukup lama.

Advertisement

3. Buat kata kunci hafalan

Ketika membaca materi pelajaran, cobalah untuk memahami intisari dari setiap materi, lalu temukan kata kunci dari materi tersebut yang akan memudahkan kamu untuk mengingat. Jika materi terlalu sulit untuk dihafalkan, buatlah singkatan.  Misalnya unsur golongan Kimia VIII A adalah Heboh Negara Argentina Karena Xerangan Ranjau (He-Ne-Ar-Kr-Xe-Rn).

4. Pelajari materi pelajaran yang dianggap sulit terlebih dahulu

Sebelum memulai memahami materi, ada baiknya kamu menandai bagian mana yang kamu anggap sulit. Fokus pelajari bagian tersebut sampai kamu mulai memahaminya. Saat kamu sudah mempelajari yang paling sulit, beban belajarmu akan sedikit berkurang jika kamu sudah mulai lelah.

5. Latihan soal yang sudah ada jawaban dan pembahasannya

Jika kamu merasa materi pelajaran terlalu banyak yang harus dipelajari, jalan yang paling akhir adalah berlatih dari soal yang sudah ada jawabannya.

Kamu akan mengetahui bentuk-bentuk soal dan pola penyelesaiannya yang mungkin mirip dengan soal ujian yang akan keluar besok.

Belajar dengan sistem kebut semalam sebenarnya tidak dianjurkan karena dikhawatirkan akan menimbulkan kelelahan saat menghadapi ujian. Alangkah baiknya untuk belajar jauh hari supaya sehari sebelum ujian kamu bisa istirahat.

Sumber : Pikiran Rakyat

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com