Gaya Hidup

5 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Ilustrasi Asuransi Kesehatan

HEALTH, EDUNEWS.ID-Jauh dari keluarga dan tinggal sendiri seringkali dialami oleh mahasiswa yang sedang menempuh jenjang pendidikan di kampus-kampus favorit. Seringkali, jarak dan komunikasi dengan keluarga menjadikan seorang mahasiswa dalam kesehariannya menjalani aktivitasnya kurang memerhatikan pola hidup yang baik. Tugas dari dosen, aktivitas organisasi, pengeluaran yang tak terkendali hingga kiriman yang pas-pasan  menjadi masalah bagi mahasiswa, apalagi yang ‘in the kost’ atau tinggal kontrakan.

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk berjaga-jaga, penting kiranya bagi seorang mahasiswa untuk memanfaatkan dan menggunakan berbagai layanan asuransi, baik asuransi kesehatan, asuransi pendidikan hingga jaminan investasi. Berbagai perusahaan asuransi nasional kini juga menawarkan berbagai program asuransi bagi mahasiswa dengan berbagai penawaran fitur layanannya. Asuransi banyak dianggap sebagai produk konsumsi untuk masyarakat kelas atas yang memiliki dana lebih dan aset yang dirasa perlu mendapat proteksi lebih. Padahal kenyataannya, asuransi memiliki manfaat dan kelebihan lain bagi semua kalangan masyarakat luas termasuk mahasiswa .

Siapa bilang mahasiswa tidak butuhkannya? Walaupun masih muda dan belum bekerja, kamu tetap membutuhkannya. Setiap orang selalu dihadapkan dengan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan setiap harinya. Setiap orang itu termasuk kamu yang masih kuliah. Risiko yang dimaksud disini adalah kemungkinan terjadinya hal-hal yang merugikan seperti penyakit, kecelakaan dan lain-lain. Jika tidak memiliki perlindungan, kamu akan mengalami kerugian yang sangat besar jika hal tersebut terjadi.

Baca juga :  Baju yang Baru Dibeli Ternyata tak Boleh Langsung Dipakai, ini Alasannya

Ada beragam yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari kesehatan, jiwa, kendaraan, rumah, dll. Setiap asuransi tersebut pun masih terbagi ke dalam berbagai kategori. Hal ini menjadi lebih rumit lagi karena masing-masing perusahaan dapat memberikan detil penawaran yang berbeda-beda . Jika dibahas satu per satu jenis asuransi terbaik kamu akan kebingungan. Tetapi tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu menggunakannya semua. Kamu cukup menggunakan asuransi kesehatan

Lalu bagaimana manfaat asuransi kesehatan bagi seorang mahasiswa ? Berikut rangkuman edunews.id yang dilansir dari berbagai sumber :

  1. Klaim Asuransi kapan Saja

Biasanya asuransi memiliki kebijakan pencairan dana berkisar 1 sampai 3 bulan setelah asuransi dibuka. Untuk kamu para generasi mahasiswa, tidak perlu khawatir menunggu masa klaim dari pihak asuransi jika kamu memilikinya sejak dini. Dibanding memilikinya ketika sudah menghadapi masalah darurat, lebih baik kamu memiliki asuransi sejak dini kan?. Kamu juga bisa memilih dengan membandingkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya

  1. Premi yang Rendah
Baca juga :  Ini Rahasia Agar Tidur Berkualitas

Perusahaan asuransi akan memberikan premi rendah jika Anda mengajukan asuransi pada usia mahasiswa. Karena risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dianggap lebih kecil dibandingkan dengan usia di atas 40 tahun ke atas. Dengan demikian, persoalan mengenai premi yang tinggi tidak akan kamu hadapi.

  1. Disiplin Mengatur Keuangan

Selain memberi perlindungan dari sisi keuangan, rencana finansial yang lebih matang juga bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan diri di asuransi. Sehingga membuatmu lebih fokus mengatur keuangan untuk tabungan atau bahkan untuk investasi. Tanpa harus mengganggu pikiran kamu mengenai hal-hal yang tidak terduga.

  1. Jadi Investasi

Dengan memiliki asuransi kamu juga bisa memanfaatkan investasi dari asuransi. Selain kamu memperoleh perlindungan dari asuransi yang kamu pilih, dengan membayar premi secara berkala setiap bulannya. Nantinya uang kamu bisa ditukar menjadi tabungan di kemudian hari, Sobat.

  1. Tak Perlu Khawatir saat Jatuh sakit
Baca juga :  Benarkah Timun Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Nah ini yang paling penting bagi kamu, khawatir jauh dari keluarga dan orang tua saat sakit setidaknya tidak menghantuimu karena ada jaminan dari asuransi. Kamu bisa menggunakan klaim asuransi tanpa harus menunggu kiriman dari orang tua.

Kebutuhan yang mendasar bagi semua orang termasuk mahasiswa. Walaupun belum memiliki penghasilan sendiri, kamu akan tetap menghadapi risiko kejadian tidak terduga setiap hari. Jika tidak memiliki proteksi, kamu akan kebingungan ketika terjadi hal tidak terduga yang dapat merugikan. Hal yang wajib kamu miliki adalah asuransi kesehatan, terutama saat sakit baik untuk rawat inap maupun berobat jalan. Sedangkan jiwa dan kendaraan bisa saja dimiliki jika sesuai dengan kondisi dan kebutuhanmu.

Banyaknya manfaat yang didapat jika kamu memiliki asuransi sangat menguntungkan bukan? Terlebih lagi di usia muda, kamu dapat menikmati hidup dengan tenang.  Yuk Sobat, miliki asuransi sekarang juga !

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!