Gaya Hidup

Berikut 3 Bahaya Pakai Make Up saat Olahraga

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Di masa pandemi, olahraga jadi sesuatu yang membahagiakan. Banyak orang mengunggah aktivitas olahraganya di media sosial. Tak sedikit pula dari mereka yang tetap tampil cantik dengan make up saat berolahraga.

Namun, perlu diingat, menggunakan make up tak disarankan saat berolahraga. Ada beberapa bahaya menggunakan make up saat berolahraga yang harus jadi pertimbangan.

Berikut bahaya tampil dengan make up saat berolahraga, melansir Live Strong.

1. Pori-pori tersumbat
Ahli dermatologi Lucy Chen menjelaskan bahwa olahraga akan meningkatkan suhu tubuh. Hal ini akan diimbangi upaya tubuh untuk menurunkan suhu lewat keringat. Keringat dan minyak akan keluar lewat seluruh pori tubuh.

Baca juga :  Kopi Luwak Lebih Dehat Dibandingkan Kopi Biasa?

Sekali terbuka, pori-pori akan mudah tersumbat oleh bakteri atau polutan yang sudah ada di permukaan kulit. Akibatnya, timbul iritasi dan kemerahan.

“Menambahkan make up dalam formula ini bisa meningkatkan kemungkinan efek samping karena make up bisa membuat kulit lemas dan mengunci kelenjar keringat, menjebak kotoran dan iritasi lainnya dalam pori-pori,” kata Chen.

Anda disarankan untuk membersihkan diri, baik wajah maupun badan, setelah berolahraga. Ahli dermatologi Joshua Zeichner menyarankan agar Anda melakukan double cleansing. Mulai dengan membersihkan make up menggunakan pembersih berbahan minyak, diikuti dengan pembersih berbahan dasar air.

2. Kulit rentan berjerawat
Pori yang tersumbat akan diikuti dengan jerawat. Bakteri yang terjebak membuat pori yang tersumbat menginfeksi daerah lain di wajah. Tak hanya jerawat, komedo putih, komedo dan jerawat seperti kista pun akan timbul.

Baca juga :  Berikut Enam Tanda Mental Anak Terganggu Gegara Corona
Advertisement

“Dahi dan pipi mungkin lebih rentan berjerawat karena ada lebih banyak kelenjar minyak di sini. Jadi, jerawat dan radang kulit yang paling dikhawatirkan,” tutur Chen.

Berolahraga sebaiknya cukup menggunakan skincare seperti pelembap dan tabir surya. Pilih produk yang paling sesuai dengan jenis kulit. Pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan produk yang tidak mengandung pewangi. Sementara pemilik kulit berminyak disarankan menggunakan produk berbahan dasar air.

3. Iritasi mata
Mata dan kelopak mata merupakan bagian yang sensitif. Olahraga dengan make up yang menempel di area mata membuat kelenjar pada kelopak mata tersumbat sehingga timbul kemerahan dan kekeringan. Tanpa lubrikasi dari minyak alami yang cukup, air mata bisa cepat menguap lalu timbul iritasi.

Selain itu, Anda juga bisa rentan terkena bintitan. Bintitan atau bintit timbul akibat infeksi yang berkembang pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata. Bintit bisa timbul pada kelopak mata, di bawah kelopak mata, dan garis bulu mata.

“Keringat dan panas dapat mengakibatkan eyeliner dan maskara masuk ke mata sehingga mengakibatkan iritasi. Jerawat juga bisa terjadi. Kelopak mata tipis, tapi sensitif dan iritasi di area tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman,” ujar Chen.

 

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com