Gaya Hidup

Berikut Alat-alat yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mendaki gunung merupakan aktivitas olahraga di alam bebas yang lumayan berat untuk dilakukan. Dibutuhkan ketahanan atau kondisi fisik yang prima untuk mendaki sebuah gunung.

Banyaknya barang yang dibawa hingga trek atau jalur pendakian yang sulit menjadi sebuah tantangan yang menanti para pendaki untuk bisa berkemah atau mencapai puncak gunung.

Pendaki juga perlu beradaptasi dengan kondisi alam sekitar gunung untuk dapat mendaki hingga ke puncak gunung. Angin yang kencang, suhu udara dingin, oksigen yang menipis dan hewan-hewan penghuni di gunung perlu menjadi perhatian saat mendaki gunung.

Pendaki perlu waspada dengan kejadian-kejadian di luar dugaan seperti tergelincir saat mendaki, tersesat ataupun di serang hewan buas. Untuk itu, berikut beberapa persiapan yang perlu disiapkan saat mendaki gunung:

Spot Rawan Penularan Virus Corona saat Pendakian Gunung

1. Carrier

Carrier atau biasa dikenal dengan sebutan tas gunung merupakan salah satu hal utama yang harus disiapkan sebelum mendaki gunung.

Carrier dibutuhkan untuk menaruh berbagai perlengkapan. Carrier tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 40, 60, 90, hingga 100 liter.

Pilihlah carrier yang sesuai dengan kebutuhan. Jika hanya ingin mendaki gunung dalam jangka waktu singkat, pilihlah carrier ukuran 40-60 liter.

Namun, jika melakukan perjalanan cukup lama hingga berhari-hari, maka pilihlah carrier ukuran 90-100 liter.

2. Sepatu dan Sandal Gunung

Saat mendaki gunung, tentu kita akan menemukan berbagai karakter medan. Alas kaki menjadi hal yang penting untuk membuat diri kita tetap terlindungi selama melakukan pendakian. Untuk keamanan yang lebih ekstra, pilihlah menggunakan sepatu gunung dalam melakukan pendakian.

Dengan sifatnya yang tertutup, sepatu gunung akan membuat kaki kita lebih terlindungi dari benda-benda maupun hewan yang ada di medan pendakian.

Namun begitu, sandal gunung tetap perlu untuk dibawa sebagai cadangan ketika sepatu rusak atau ketika kita ingin mengistirahatkan kaki ketika sudah sampai di puncak.

Kaki kita juga perlu diberi udara agar tetap terasa nyaman. Pilihlah sepatu gunung yang tidak licin agar tidak terpeleset saat berjalan di tanah yang basah.

3. Pakaian

Selain alas kaki, pakaian juga menjadi barang penting yang tak boleh luput dari perhatian saat ingin mendaki gunung. Untuk pakaian, kita perlu menyiapkan beberapa macam jenis pakaian, seperti jaket, celana panjang, jas hujan, penutup kepala, sarung tangan, kaus kaki dan sebagainya.

Jaket menjadi barang yang penting untuk melindungi tubuh, terlebih saat ingin mendaki gunung dengan ketinggian di atas 1000 mdpl. Jaket diperlukan agar saat kedinginan, suhu badan kita tetap terjaga sehingga terhindar dari hipotermia.

Selain jaket, celana panjang juga penting untuk dibawa saat mendaki gunung. Pilihlah bahan yang nyaman sesuai kebutuhan. Jas hujan dan penutup kepala juga menjadi bagian dari pakaian yang tak boleh tertinggal untuk dibawa.

Baca Juga :   Soft Opening Barbershop Pedjuang, Sediakan Promo Diskon 50% dan Kopi Gratis Usai Potong Rambut

Jas hujan atau ponco dapat digunakan tidak hanya untuk melindungi badan, tapi juga dapat untuk melindungi carrier karena ukuran jas hujan yang umumnya lebar.

4. Makanan dan Minuman

Pertimbangkan jumlah makanan dan minuman yang akan dibawa saat mendaki gunung. Usahakan memilih makanan yang mengandung banyak karbohidrat agar memberikan banyak tenaga. Bawa alat minum yang efisien agar tak terlalu membebani carrier.

5. Tenda, Sleeping Bag dan Matras

Tenda adalah “rumah” pelindung saat kita melakukan pendakian gunung. Tenda melindungi kita dari suhu udara dingin dan hewan-hewan liar. Pilihlah ukuran tenda dengan menyesuaikan kebutuhan.

Adapun sleeping bag, merupakan salah satu benda yang digunakan saat ingin istirahat atau tidur dalam perjalanan pendakian. Sleeping bag perlu dibawa untuk memberi kehangatan maksimal dalam menghadapi suhu gunung di malam hari yang dingin. Dengan menggunakan sleeping bag, kita dapat mengurangi risiko terjadi hipotermia.

Sementara, matras berfungsi sebagai alas tidur saat perjalanan pendakian. Pilihlah matras dengan bahan yang nyaman, terlebih saat harus tidur di atas permukaan yang penuh dengan batu-batu.

6. Senter dan Alat Komunikasi/Navigasi

Senter diperlukan untuk pendakian saat malam hari. Pilihlah senter dengan pencahayaan yang dapat menembus kabut. Saat ini, ada banyak jenis senter yang dapat ditemukan di pasaran. Untuk segi keamanan dan kepraktisan, pilihlah senter kepala agar tangan tidak terganggu saat harus fokus berjalan.

Selain itu, meski terkadang sinyal melemah saat di gunung, tapi alat komunikasi dan navigasi perlu dibawa selama perjalanan pendakian. Alat navigasi mempermudah kita untuk memberi petunjuk arah selama melakukan pendakian.

7. Pisau dan Trash bag

Pisau penting dibawa untuk membersihkan ranting-ranting pohon atau semak-semak. Selain itu, pisau juga dapat dimanfaatkan untuk pelindung diri dari bahaya binatang buas dan kebutuhan memasak.

Sementara trash bag perlu dibawa untuk meletakkan sampah-sampah selama perjalanan. Kebersihan gunung selalu harus dijaga. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu membawa trash bag dan jangan buang sampah sembarangan.

8. Obat-obatan

Obatan-obatan menjadi hal penting yang harus ada di carrier untuk mengatasi sakit atau cedera saat melakukan pendakian gunung. Obat-obatan yang sebaiknya dibawa antara lain obat penurun panas, obat pengurang nyeri, obat anti alergi, obat asma, obat diare, dan salep antibiotik untuk mengatasi luka lecet.

9. Persiapan Fisik

Untuk persiapan fisik, anda harus melakukan pemanasan atau olahraga kecil minimal 2 bulan sebelum anda mendaki. Hal ini berguna untuk melatih fisik saat mendaki gunung di segala medan. Ketahanan fisik sangat di perlukan untuk bisa mendaki tanpa merasakan kelelahan ekstrem.

Olahraga yang cocok untuk anda lakukan seperti berenang, jogging, atau lari. Dengan pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup anda bisa mendapatkan kondisi badan yang prima untuk mendaki gunung.

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com