Gaya Hidup

Berikut Manfaat Peregangan Sebelum dan Setelah Olahraga

Olahraga/Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Peregangan membuat olahraga yang dilakukan aman dari risiko cedera. Pemanasan jadi menu mutlak sebelum berolahraga, termasuk peregangan.

Sebagian orang menyangka peregangan hanya dilakukan sebelum berolahraga. Padahal, setelah dan selama olahraga pun, peregangan layak dilakukan dan membawa manfaat tersendiri.

Apa saja manfaat peregangan sebelum, selama, dan setelah berolahraga?

Manfaat Peregangan Sebelum Olahraga

1. Mencegah cedera

Salah satu jenis peregangan yang baik sebelum olahraga adalah peregangan dinamis. Peregangan satu ini menuntut tubuh untuk bergerak guna menghangatkan otot, persendian, dan tendon.

Peregangan dinamis juga akan meningkatkan rentang gerak Anda. Mengutip Self, salah satu contohnya adalah gerakan squat tak akan cukup ‘dalam’ jika dilakukan tanpa peregangan.

2. Memperlancar aliran oksigen

Peregangan akan mendorong aliran oksigen lewat darah yang mengalir lancar ke seluruh tubuh. Mengutip Life Hack, kekurangan aliran oksigen bisa menghambat kinerja otot sehingga timbul cedera serius pada persendian. Tubuh akan terasa nyeri, pegal, dan tegang saat mulai berolahraga jika area ini belum tersuplai oksigen.

3. Meningkatkan energi

Darah biasanya menumpuk pada otot yang lama tidak digunakan atau digerakkan. Peregangan akan mengalirkan darah yang menumpuk sehingga timbul lonjakan energi.

Darah juga akan mengalir ke otak terutama saat Anda melakukan peregangan melalui punggung dan tulang belakang. Aliran darah ke otak akan meningkatkan konsentrasi selama olahraga.

Manfaat Peregangan Setelah olahraga

1. Menenangkan tubuh

Ravi Patel, terapis fisik dan pelatih mengatakan bahwa penting memberikan tubuh waktu untuk pendinginan setelah olahraga. Pendinginan akan membantu menurunkan detak jantung, menenangkan napas, dan mengembalikan kondisi tubuh dari latihan yang cukup berat. Salah satu langkah untuk menenangkan tubuh adalah dengan peregangan statis yang dikombinasikan dengan pernapasan mendalam.

2. Memperbaiki otot

Olahraga cukup mengoyak otot sehingga perlu proses untuk perbaikan. Peregangan akan meningkatkan aliran darah, kadar oksigen, dan membantu mengirimkan nutrisi untuk tubuh dan otot. Dengan kata lain, peregangan akan membantu proses pemulihan kondisi tubuh.

3. Melindungi sendi

Sendi-sendi Anda dikelilingi jaringan penghubung dan otot yang melekat. Berbagai gerakan peregangan di area sendi akan mengurangi ketegangan dan kekakuan. Tekanan pada sendi pun berkurang dan memungkinkan tubuh bergerak bebas setelah latihan.

cnn

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com