Gaya Hidup

Berikut Peregangan Olahraga yang harus Dilakukan Setiap Hari

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID -Peregangan tak hanya penting dilakukan saat sebelum dan setelah berolahraga. Peregangan sebaiknya dilakukan setiap hari. Studi menunjukkan, peregangan baik untuk menjaga otot dari pemendekan, fleksibilitas, mobilitas, dan rentang gerak.

Peregangan yang dilakukan setiap hari secara teratur juga dapat membuat otot kuat dan lentur, serta melindungi tubuh dari cedera.

Melakukan peregangan tak butuh waktu lama. Cukup luangkan 3-5 menit saja saat bangun tidur, di siang hari, atau sebelum tidur.

Berikut 5 peregangan yang harus dilakukan setiap hari.

1. Peregangan lengan dan bahu
Peregangan ini fokus pada lengan dan bahu. Untuk melakukannya, berdiri tegak lurus lalu angkat kedua tangan dengan jari yang terkait. Pastikan lengan bahu serta tubuh terasa tertarik ke atas.

Baca juga :  Dilarang Mudik, Begini Saran Psikolog Jika Kangen Kampung Halaman

Lakukan gerakan ini 8-30 detik.

2. Peregangan paha depan dan belakang
Peregangan kali ini baik untuk kesehatan kaki yang lelah beraktivitas.

Peregangan paha depan dan belakang dilakukan dengan memulai gerakan dari berdiri tegak lurus. Lalu angkat salah satu lutut ke perut sehingga posisi kaki akan terlipat ke depan.

Setelah itu tarik mata kaki ke bagian belakang sehingga menyentuh pantat. Lakukan gerakan ini 8-30 detik. Ulangi pada bagian kaki yang lain.

3. Peregangan melipat badan
Dikutip dari Pop Sugar, peregangan melipat badan baik untuk otot kaki, badan, dan tangan.

Peregangan melipat badan dilakukan dengan posisi duduk dan meluruskan kedua kaki ke depan. Lalu lipat badan ke depan dengan tangan menyentuh ujung jari atau lutut. Usahakan kepala dan badan menyentuh kaki. Lakukan peregangan ini selama 8-30 detik.

Baca juga :  Sejumlah Skill yang Dibutuhkan Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19
Advertisement

4. Peregangan kucing-unta
Gerakan kucing-unta atau cat-camel merupakan gerakan yang menirukan posisi kucing dan unta. Peregangan ini baik untuk tulang leher dan punggung.

Posisikan tubuh seperti kucing dengan telapak tangan, lutut, dan jari kaki menyentuh lantai. Luruskan posisi punggung dan lalu tarik napas saat mengangkat kepala sambil menaikkan punggung seperti membentuk punuk unta. Lalu, buang napas dan kembalikan kepada posisi semula dengan rileks. Lakukan gerakan ini 3-5 kali.

Tips Olahraga Ringan Selama ‘di Rumah Aja’

5. Peregangan memiringkan badan ke samping

Dikutip dari situs kesehatan Health, peregangan memiringkan badan ke samping kiri dan kanan dikenal juga dengan side oblique stretch. Peregangan ini dapat mengaktifkan otot-otot di seluruh tubuh.

Cara melakukannya adalah berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu. Lalu, angkat tangan kanan ke atas seolah hendak meraih sesuatu. Kemudian miringkan atau condongkan tubuh ke sisi kiri. Tahan hingga delapan detik. Setelah itu, ganti tangan dan lakukan pada sisi sebaliknya.

Lakukan peregangan ini secara rutin setiap hari agar tubuh tetap sehat dan segar.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com