Gaya Hidup

Berikut Trik Membuat Kopi Nikmat di Rumah

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saat ini ada banyak kafe atau kedai kopi yang menawarkan beragam menu kopi nan menggiurkan. Namun bagi sebagian orang, selalu membeli kopi dari kafe atau kedai kopi merupakan kegiatan yang sangat tidak ramah bagi kantong.

Menikmati secangkir kopi yang nikmat pada dasarnya tak hanya bisa dilakukan di kafe atau kedai-kedai kopi ternama. Secangkir kopi yang menggugah selera juga bisa dibuat dengan mudah dan hemat di rumah.

Ada lima hal perlu diperhatikan untuk membuat kopi yang tak kalah lezat dengan kopi ala kafe. Berikut ini adalah lima hal tersebut seperti dilansir Popular Science, Ahad (15/3/2020).

Biji Kopi

Kualitas secangkir minuman kopi ditentukan oleh biji kopi yang digunakan. Biji kopi yang berkualitas bisa didapatkan dari kedai-kedai kopi yang memiliki kekhususan dan perhatian besar terhadap biji kopi mereka.

Kedai-kedai kopi seperti ini biasanya memiliki barista yang memiliki pengetahuan mumpuni terkait biji kopi. Barista tersebut bisa memberikan opsi, rekomendasi hingga masukan terkait cara penyeduhan kopi. Jangan lupa untuk mencicipi beberapa jenis kopi dari biji kopi yang berbeda terlebih dahulu sebelum memutuskan biji kopi mana yang ingin dibeli.

“Barista yang baik dapat dengan mudah memandu Anda untuk mengetahui asal mula kopi dan membantu Anda memahami preferensi Anda sendiri terhadap kopi (yang sesuai selera Anda),” kata penulis The World Atlas of Coffee James Hoffman.

Penggiling Biji Kopi

Untuk bisa menyeduh kopi dengan baik, proses penggilingan biji kopi juga ikut menentukan. Proses penggilingan biji kopi memungkinkan masuknya kelembapan dan keluarnya karbon dioksida dari biji kopi. Kedua hal ini penting dalam proses penyeduhan kopi.

Di sisi lain, proses penggilingan akan membuat area permukaan kopi menjadi lebih luas. Ini membuat biji kopi yang sudah digiling menjadi lebih cepat teroksidasi dan apak. Oleh karena itu, biji kopi sebaiknya baru digiling sesaat sebelum diseduh.

Terkait jenis mesin, Hoffman lebih merekomendasikan mesin penggiling burr dibandingkan mesin penggiling blade. Mesin penggiling blade cenderung menghancurkan biji kopi menjadi butiran-butiran yang berbeda ukuran. Perbedaan ukuran ini akan membutuhkan waktu penyeduhan yang berbeda-beda sehingga ketika diseduh, biji kopi ini akan terekstraksi secara tidak merata.

Metode Penyeduhan

Ada tiga metode penyeduhan kopi di rumah yang populer. Ketiga metode tersebut adalah French press atau cafetiere, AeroPress dan pour-over brewer. Metode-metode ini bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Yang terpenting adalah memiliki resep kopi yang sesuai dengan metode penyeduhan tersebut.

Resep kopi ini meliputi preferensi terhadap rasio kopi dan air, jenis penggiling yang digunakan hingga lama waktu penyeduhan kopi. Penikmat kopi juga bisa bermain sedikit dengan melakukan kreasi sendiri mengenai resep kopi yang mereka sukai.

Menyempurnakan Resep

Bila belum menemukan resep yang sesuai dengan selera, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menimbang bahan-bahan yang digunakan secara akurat.

“Kesalahan tersering adalah menggunakan terlalu banyak kopi,” ucap Hoffman.

Bila jumlah kopi yang digunakan sudah tepat namun hasil akhirnya terasa encer, penyebabnya mungkin karena biji kopi kurang terekstraksi. Kopi yang kurang terekstraksi seringkali terasa sedikit asam dan hambar. Solusinya, giling biji kopi dengan lebih halus.

“Ini akan membuat air lebih mudah mengekstraksi cita rasa lezat yang terkunci di dalam kopi,” ujar Hoffman.

Namun jangan terlalu halus dalam menggiling biji kopi. Biji kopi yang digiling terlalu halus akan membuat kopi terasa serat dan terlalu kuat.

Hal lain yang tak kalah penting diketahui adalah air yang digunakan. Gunakan air yang terbebas dari rasa klorin.

Nikmati dan Ulangi

Seluruh proses ini akan membantu pecinta kopi untuk mendapatkan secangkir kopi yang terbaik sesuai selera masing-masing. Ketika sudah berhasil membuat secangkir kopi seperti ini, pecinta kopi akan sulit untuk berpaling ke sajian kopi-kopi berharga cukup mahal di kedai kopi.

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com