Kesehatan

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bauh sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, buah sirsak juga dikenal sebagai obat antikanker.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sirsak juga dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipengaruhi oleh senyawa acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi kanker untuk berkembang.

Baca juga :  Berikut Jenis Makanan yang Bisa jadi Penyebab Sakit Kepala

Namun, terlepas dari semua manfaatnya, mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara menggunakannya dari berbagai sumber, Kamis (9/1/2020).

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama yaitu untuk mengatasi kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi.

Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker. Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Baca juga :  Bolehkah ODP Virus Corona Berpuasa? Ini Kata Dokter

Cara menggunakannya yang aman dan alami dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelar air mineral. Kemudain rebus dan sisakan hingga 1/2 gelas saja. Agar cepat terasa manfaat daun sirsak, kamu bisa meminumnya setiap pagi.

Mengobati Diabetes

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes. Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh.

Baca juga :  Millenial Melawan Korona Gelar Aksi Bagi 1000 Jago Madu, Telur Rebus, dan Saffron Bagi Petugas Kesehatan

Kamu bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu.

lpt

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com