Kesehatan

5 Olahraga Ibu Hamil untuk Memperlancar Proses Persalinan

Ibu hamil disarankan untuk banyak bergerak, termasuk melakukan olahraga ringan demi memperlancar proses persalinan nantinya.

Saat hamil, bukan berarti ibu tidak boleh berolahraga. Para ahli justru menyarankan ibu hamil untuk banyak bergerak dan melakukan aktivitas olahraga ringan. Olahraga selama hamil akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan memudahkan proses persalinan. Pasalnya, ketika hamil tubuh dan organ-organ lain bekerja dua kali dari biasanya karena menopang kehamilan.

Hal inilah yang sering menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah, sakit pinggang, pusing, dan lain-lain. Nah, dengan berolahraga secara rutin, kebugaran tubuh pun akan terjaga sehingga membuat ibu dan bayi menjadi lebih sehat. Lantas, jenis olahraga apa saja yang boleh dilakukan ibu hamil? Berikut ulasannya.

 1. Senam jongkok

Olahraga yang pertama adalah senam jongkok. Olahraga ini dinilai sangat bermanfaat untuk memperkuat otot di sekitar area panggul dan paha. Selain itu, senam jongkok juga sangat berguna untuk memperlancar proses persalinan. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Jika tak mampu untuk jongkok karena perut yang semakin membesar, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti sofa atau gym ball.

2. Yoga

Ibu hamil juga disarankan untuk melakukan yoga. Salah satu pose yoga yang bisa dicoba adalah pose yoga kupu-kupu. Yoga kupu-kupu sangat berguna untuk melatih kekuatan otot paha dan dapat mengurangi risiko sakit punggung yang sering dialami oleh ibu hamil. Cara melakukannya pun tak sulit.

Ibu hamil tinggal duduk dengan posisi sila, lalu pertemukan kedua telapak kaki di depan. Kemudian, dorong lutut hingga menyentuh lantai dan simpan kedua tangan pada ujung jari kaki. Tahan gerakan ini selama 10 – 20 detik. Ulangi gerakan ini berkali-kali.

Selain yoga kupu-kupu, kamu juga bisa mencoba yoga

Advertisement
ball. Caranya, kamu hanya perlu duduk di gym balldengan posisi punggung tegak. Kemudian, buka kaki hingga selebar pinggul dan luruskan tangan ke depan. Gerakan ini sangat berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh serta dapat menguatkan otot perut.

Bagi ibu hamil yang ingin mengikuti kelas yoga, biasanya sejumlah rumah sakit bersalin menyediakan kelas prenatal yoga. Sambil mengurus  bps kesehatan  untuk persiapan melahirkan, kamu bisa sekalian mengikuti kelas yoga di rumah sakit. Yuk, mulai daftar kelas yoga dari sekarang!

3. Berenang

Tahukah kamu kalau berenang juga sangat disarankan untuk ibu hamil. Ya, berenang bahkan dianggap jadi salah satu olahraga terbaik untuk ibu hamil. Berenang akan membantu meregangkan otot-otot kaki dan tangan. Selain itu, olahraga satu ini juga dapat membantu ibu hamil menurunkan berat badan dengan cepat. Oleh karena itu, lakukan olahraga ini selama 30 menit dalam sehari. Imbangi dengan perbanyak minum air putih selama melakukan olahraga renang.

4. Peregangan

Peregangan juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sebab latihan peregangan dapat membantu membuat tubuh ibu hamil lebih fleksibel sehingga melancarkan proses persalinan. Lakukan peregangan setiap hari, minimal 15 menit sehari.

5. Jalan kaki

Jika tak ingin olahraga yang ribet, kamu bisa berjalan kaki sekitar area perumahan. Jalan kaki bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil agar tetap fit. Olahraga ringan ini bisa dilakukan selama 1 jam setiap harinya. Namun sebelum memulai olahraga ini alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Itu dia jenis olahraga yang aman dilakukan ibu hamil untuk memperlancar proses persalinan. Apa jenis olahraga favoritmu selama hamil?

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com