Kesehatan

Ahli Gizi Sarankan Minum Air Putih 2 Gelas Buka Puasa, 2 Sahur, 4 Malam Hari Selama Ramadhan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saat berbuka puasa, sebagian orang biasa membatalkannya dengan segelas teh hangat beserta kurma. Tetapi, banyak juga yang memilih untuk minum air putih terlebih dulu untuk mengawalibuka puasa.

Sebenarnya, mana yang harus diminum lebih dulu saat berbuka?

Dikutip dari Livestrong, teh mengandung katekin atau antioksidan yang alami. Menurut America Journal of Clinic Nutrition, kandungan antioksidan ini berfungsi untuk melindungi dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit.

Meski baik, banyak yang menyarankan untuk tidak langsung meminumnya saat kondisi perut kosong. Teh juga mengandung kafein yang bisa memicu munculnya atau bahkan naiknya asam lambung.

Maka dari itu, lebih direkomendasikan untuk memenuhi cairan yang hilang selama sehari berpuasa dengan air putih. Mengutip dari Medlineplus, air putih merupakan sumber utama cairan untuk menghidrasi tubuh.

Menurut Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, SGz, RD, MPH, disarankan untuk tetap mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas air dalam sehari.

“Itu bisa dilakukan dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari,” ujarnya beberapa waktu lalu pada detikcom.

 

dtk

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com