Kesehatan

Ahli Gizi Sarankan Minum Air Putih 2 Gelas Buka Puasa, 2 Sahur, 4 Malam Hari Selama Ramadhan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saat berbuka puasa, sebagian orang biasa membatalkannya dengan segelas teh hangat beserta kurma. Tetapi, banyak juga yang memilih untuk minum air putih terlebih dulu untuk mengawalibuka puasa.

Sebenarnya, mana yang harus diminum lebih dulu saat berbuka?

Dikutip dari Livestrong, teh mengandung katekin atau antioksidan yang alami. Menurut America Journal of Clinic Nutrition, kandungan antioksidan ini berfungsi untuk melindungi dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit.

Meski baik, banyak yang menyarankan untuk tidak langsung meminumnya saat kondisi perut kosong. Teh juga mengandung kafein yang bisa memicu munculnya atau bahkan naiknya asam lambung.

Advertisement

Maka dari itu, lebih direkomendasikan untuk memenuhi cairan yang hilang selama sehari berpuasa dengan air putih. Mengutip dari Medlineplus, air putih merupakan sumber utama cairan untuk menghidrasi tubuh.

Menurut Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, SGz, RD, MPH, disarankan untuk tetap mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas air dalam sehari.

“Itu bisa dilakukan dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari,” ujarnya beberapa waktu lalu pada detikcom.

 

dtk

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com