Kesehatan

Begini Cara Mengecilkan Perut Agar Tidak Buncit

perut buncit/ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ada sejumlah cara diet mengecilkan perut buncit, di antaranya mengatur asupan makanan hingga olahraga intensitas tinggi. Kedua pilihan tersebut tidak dapat terpisahkan karena keduanya saling mempengaruhi.

Berikut rangkuman dua cara mengecilkan perut baik dari mengatur asupan makanan berdasarkan penelitian medis, dan olahraga yang tepat untuk mengecilkan perut.

Mengatur Asupan Gizi
Berdasarkan laman Medical News Today, perut buncit atau visceral fat adalah jenis lemak yang berbahaya yang mengelilingi organ di perut. Lemak visceral sangat responsif terhadap apa yang dimakan seseorang dan secara perlahan membuat perubahan pola makan utama.

Terapkan aturan berikut untuk membantu mengecilkan perut Anda:

1. Konsumsi Makanan Rendah Kalori
Salah satu cara paling efektif menghilangkan lemak pada tubuh adalah dengan makan lebih sedikit kalori. Selain itu, makanan rendah kalori juga lebih sehat dibanding makanan berkalori tinggi.

Contoh makanan berkalori tinggi adalah makanan olahan. Sebaiknya ganti makanan tersebut dengan buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan cobalah makanan berbahan gandum seperti oat atau granola.

2. Kurangi Makanan atau Minuman Mengandung Gula
Makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula tentu buruk bagi kesehatan Anda. Selain berpotensi menyebabkan diabetes juga menambah berat badan terutama pada area perut.

Baca juga :  Sering Makan Enak saat Kerja di Rumah, Waspada Kolesterol Tinggi

Gula mengandung glukosa dan fruktosa, saat Anda mengkonsumsi dalam jumlah banyak, sistem pencernaan akan mengubah kedua kandungan tersebut menjadi lemak.

Cobalah kurangi secara perlahan dan bertahap konsumsi minuman atau makanan manis setiap harinya. Contoh minuman manis seperti soda, teh manis, jus buah dengan tambahan gula, minuman berenergi, kopi susu, susu kental manis, kopi kemasan dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk makanan tinggi gula contohnya adalah kue coklat, tart, donat, biskuit, dan lain sebagainya. Ganti dengan buah segar, yang terbukti sehat dan memiliki banyak serat yang berperan mengurangi efek negatif fruktosa. Sebaiknya ganti minuman manis tersebut dengan infuse water yang lebih sehat dan tidak mengandung gula.

3. Mengurangi Makanan Tinggi Karbohidrat
Tanpa sadar banyak orang mengkonsumsi karbohidrat olahan yang rendah gizi namun tinggi kalori. Karbohidrat seperti itu sering ditemui pada roti tawar, makanan dan minuman manis, juga biji-bijian olahan. Mengurangi makanan tinggi karbohidrat diyakini salah satu cara mengecilkan perut.

Baca juga :  Pernah Dengar Diet 16:8? ini Penjelasannya

Laman Healthline menyebut lebih dari 20 studi menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat berhasil menurunkan berat badan 2 hingga 3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

Hal ini menunjukkan lemak yang hilang pada diet rendah karbohidrat merupakan lemak perut yang berbahaya. Kurangi secara perlahan dan bertahap makanan seperti permen, roti putih, kue manis, dan sebagainya.

Ganti makanan tinggi karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi Makanan Sehat
Pada dasarnya, tubuh tetap membutuhkan lemak, bukan lemak jenuh melainkan lemak sehat karenanya penting memilih makanan yang baik bagi tubuh. Lemak jenuh dan lemak trans membahayakan kesehatan jantung, dan berpotensi meningkatkan resiko terkena stroke serta menambah berat badan.

Makanan sehat dengan lemak baik yang dapat Anda konsumsi seperti:

– Alpukat
– Biji Chia
– Telur
– Ikan
– Yogurt

Mengecilkan Perut dengan Berolahraga
Olahraga terbukti sangat efektif menurunkan berat badan bahkan mengecilkan perut. Latihan kardiovaskular dengan intensitas sedang hingga tinggi banyak dipilih masyarakat untuk membakar kalori dan memperkuat otot.

Baca juga :  Sejumlah Manfaat Menakjubkan Vitamin C untuk Kesehatan

Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) seperti jogging 30 detik dilanjutkan lari sprint 30 detik, atau kombinasi gerakan yang berfokus pada area tubuh tertentu seperti Jumping jack, High Knee, Squad, High Jump, Plank dan lain sebagainya.

Melansir Healthline, penelitian pada 2011 menyebut HIIT lebih efektif ketimbang olahraga lain seperti bersepeda, jogging, berenang, dan jalan kaki. Karena periode HIIT yang singkat namun efektif menjadikan metode sebagai rutinitas olahraga yang menyenangkan karena gerakan yang cukup beragam.

Gerakan HIIT seperti Jumping jack, High Knee, Squad, High Jump dan lain sebagainya dapat Anda lihat pada media Youtube secara gratis, atau ikuti kelas yang tersedia agar latihan HIIT lebih terasa menyenangkan.

Demikian kombinasi cara mengecilkan perut yang dapat Anda coba. Konsumsi makanan sehat dan olahraga secukupnya dan jangan berlebihan. Meski sehat, jika dilakukan berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan. Selamat mencoba.

 

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com