Kesehatan

Berikut 13 Fakta Tentang Rangka Manusia yang Mungkin Belum Diketahui

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Penemuan kerangka manusia yang sedang duduk di dalam sebuah rumah kosong di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membuat heboh masyarakat yang ada di sekitarnya. Rangka manusia itu pertama kali ditemukan oleh beberapa warga yang akan mengontrol dan membersihkan rumah tersebut.

Di dalam tubuh, rangka manusia ibarat menjadi fondasi yang sangat kuat. Sistem rangka manusia ternyata terdiri dari beberapa bagian dan juga menyimpan fakta-fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui.

Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa info atau fakta menarik tentang rangka manusia.

1. Ada 206 tulang pada rangka manusia

Tulang memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh manusia. Jika tidak ada atau tulang patah, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Menurut sumber yang terpercaya, rangka manusia terdiri dari 206 tulang.

2. Rangka manusia terdiri dari 2 jenis tulang

Tidak semua tulang itu keras dan padat lho. Jenis pertama adalah tulang yang keras dan padat, yaitu kortikal yang menjadi fondasi utama pada rangka manusia.

Jenis kedua adalah tulang trabecular yang lunak dan kenyal. Tulang ini sering ditemukan di dalam tulang besar seperti di panggul, tulang rusuk, dan tengkorak. Meskipun kurang padat, tulang ini masih keras dan protektif.

Baca juga :  Perawat di Papua Rela Terombang-ambing di Tengah Laut Demi Pasien

3. Tulang manusia juga punya sumsum

Pada rangka manusia, terutama di tulang yang besar seperti pinggul, panggul, dan tulang paha terdapat sumsum yang memiliki sel punca. Bagian itulah yang bertanggung jawab untuk memproduksi berbagai sel penting yang dibutuhkan tubuh, termasuk sel darah, otak, dan jantung.

4. Tulang terkecil pada rangka manusia

Dalam rangka manusia, ternyata tulang yang paling kecil itu adalah stapes yang ada di bagian dalam telinga. Tulang ini berfungsi untuk menerjemahkan suara, menjadi gelombang, dan akhirnya bisa dipahami otak.

5. Tulang terpanjang pada rangka manusia

Coba tebak tulang bagian mana yang terpanjang di dalam rangka manusia? Ternyata jawabannya adalah tulang paha. Tulang ini membentang dari bagian pinggul ke lutut. Selain panjang, tulang ini juga kuat lho, karena menopang bobot tubuh dan rangka yang ada pada manusia.

6. Tulang ternyata dirancang kuat

Tulang memang bisa sakit bahkan patah. Tapi, ternyata tulang pada rangka manusia ini dirancang khusus untuk tahan dan kuat. Tulang dapat menyerap 2-3 kali lebih banyak zat yang bisa memperkuatnya, seperti kalsium. Ini membuatnya lebih kuat dan mampu digerakkan terus menerus.

Baca juga :  Perokok Pasif Berisiko Tinggi Terserang Kanker Paru

7. Tulang lebih banyak di bagian mana?

Dalam rangka tubuh manusia, ternyata tulang paling banyak berada di bagian tangan dan kaki.

8. Tulang tidak saling terhubung

Jika dilihat dari kerangka yang jadi bahan praktikum, terlihat tulangnya saling berkaitan ya. Tapi, faktanya tulang pada rangka manusia tidak saling terhubung langsung, tapi melalui sendi, kecuali tulang hyoid yang ada di tenggorokan.

9. Berapa jumlah tulang rusuk, 12 atau 13?

Umumnya, tulang rusuk yang terdapat pada rangka manusia berjumlah 12. Tapi, satu persen orang ada yang memiliki 1 tulang tambahan, atau disebut dengan tulang rusuk serviks.

Namun, keberadaan tulang tambahan itu bisa menyebabkan permasalahan seperti nyeri leher. Jadi, jika ada orang lahir dengan tulang rusuk ekstra, biasanya akan membuangnya.

10. Sendi terbesar? Yap sendi lutut

Baca juga :  Berikut Posisi Tidur yang Berdampak Buruk Bagi Tubuh

Rangka manusia bisa saling terhubung karena ada sendi sebagai perantaranya. Sendi yang terbesar ternyata terletak di bagian lutut, karena menghubungkan 3 tulang yaitu paha, tibia, dan patela. Itu yang menyebabkan lutut kamu lebih besar.

11. Lebih kuat mana, tulang atau gigi?

Sebagai penopang rangka manusia, tentu tulang sangat kuat. Tapi, ternyata gigi jauh lebih kuat dari itu. Adanya enamel pada gigi yang melindungi saraf, jaringan halus yang ada di dalamnya, dan membuatnya kuat.

12. Tulang bisa pulih dengan sendirinya

Saat kamu mengalami patah tulang akibat kecelakaan, tubuh akan bekerja dengan memproduksi sel-sel tulang baru untuk memperbaikinya. Setelah itu, dipakaikan gips atau penyangga untuk memastikannya tumbuh dengan lurus dan tepat.

13. Agar lebih kuat, tulang juga butuh asupan

Seiring waktu, tulang yang ada pada rangka manusia akan semakin kehilangan kekuatannya. Maka dari itu, tulang juga butuh asupan seperti tubuh kita.

Coba mulai rutin mengkonsumsi asupan yang kaya akan kalsium, seperti susu, brokoli, beberapa jenis ikan contohnya salmon, dan jangan lupa olahraga.

 

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!