Kesehatan

Berikut 5 Mitos Tentang Kopi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sebagai minuman yang populer, kopi tidak terlepas dari beraneka mitos yang mengelilinginya. Mitos-mitos ini kerap ditelan mentah-mentah begitu saja, tanpa menilik lebih jauh kebenarannya.

Berikut adalah mitos tentang minuman kopi yang masih dipercayai hingga saat ini, beserta penjelasannya.

1. Kafein bikin mulas

Sebuah studi yang dipresentasikan di Digestive Disease Week pada 18-21 Mei 2019 menyatakan mulas setelah minum kopi bukan karena kafein, melainkan adanya perubahan bakteri yang berdampak pada pergerakan usus. Kopi memiliki efek merangsang motilitas (kemampuan organisme bergerak sendiri) pada usus. Ini yang menyebabkan beberapa orang mudah mulas setelah minum kopi.

2. Kafein pasti bikin kecanduan

Jika meminum kopi dalam batas wajar dan di waktu yang tepat, Anda tidak akan kecanduan. Kafein mempengaruhi produksi kortisol tubuh. Saat bangun tidur di pagi hari, hormon kortisol sedang memuncak. Meminum kopi ketika hormon kortisol memuncak akan menyebabkan tubuh menjadi ketergantungan kafein dalam kopi agar lebih berenergi.

3. Kafein dalam kopi dapat menggugurkan kandungan

Konsumsi kopi lebih dari empat cangkir per hari akan membahayakan kesehatan siapa pun, tidak hanya ibu hamil. Meminum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir per hari tidak akan membahayakan kandungan ibu hamil sama sekali. Kecuali, ibu hamil tersebut memiliki beberapa penyakit bawaan yang memasukkan kopi dalam daftar minuman yang harus dihindari.

4. Kopi menyebabkan insomnia

Kopi kerap dijadikan biang keladi insomnia, tanpa tahu apa yang sebenarnya membuat hal tersebut terjadi. Faktanya, kafein merupakan penghambat adenosine, senyawa yang membuat Anda mengantuk. Sehingga mengonsumsi kafein membuat Anda terhindar dari rasa kantuk. Dikutip dari Medical News Today, Anda sebaiknya menghindari kafein setelah jam 5 sore jika ingin mendapatkan tidur malam yang baik.

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD

5. Kopi dapat menyebabkan kanker payudara

Mitos ini membuat banyak perempuan ragu meminum kopi. Padahal, kandungan asam hidroksisinamat dan asam klorogenin dalam kopi mampu menurunkan risiko kanker payudara.

tmp

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com