Kesehatan

Berikut 7 Obat Alami yang Dinilai Paling Ampuh Atasi Sakit Perut

Sakit Perut/ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Obat sakit perut sebenarnya banyak dijual di apotek. Akan tetapi sebelum mencoba obat, ada baiknya kita memilih bahan-bahan alami terlebih dulu untuk meredakan sakitnya.

Sakit perut bisa disebabkan karena beberapa hal seperti asam lambung naik, mual, kembung, kentut ataupun sembelit. Namun ada juga penyebab sakit perut yang dikaitkan dengan maag, hernia apendisitis dan batu empedu.

Jika kamu mengalami sakit perut, cobalah beberapa obat sakit perut alami berikut ini:

1. Jahe

Jahe adalah obat sakit perut alami paling ampuh. Dikutip dalam Healthline, sejak zaman kuno, orang-orang telah beralih ke jahe sebagai obat untuk segala hal. Mulai dari perut sakit hingga mual.

Bersifat sebagai anti inflamasi alami, jahe tersedia dalam berbagai bentuk yang semuanya dapat membantu. Makanan dan suplemen jahe mudah dikonsumsi, bisa juga mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman dengan cara potong jahe segar dan dibuat menjadi teh.

2. Teh Chamomile

Secangkir teh chamomile dapat membantu meredakan sakit perut. Teh ini juga dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sakit perut dengan bertindak sebagai anti inflamasi. Sifat anti inflamasi ini dapat membuat otot perut rileks dan dapat mengurangi rasa sakit akibat kram dan kejang.

3. Diet BRAT

Obat sakit perut alami untuk anak-anak adalah dengan mengonsumsi Banana (pisang), Rice (nasi), Apple (apel) dan Toast (roti panggang). Semua makanan ini bisa membantu menenangkan perut dan membuat mengatas mual atau diare.

BRAT mengandung makanan rendah serat. Jika perut terasa tak enak cobalah mengonsumsi pisang, apel ataupun roti panggang untuk mengatasinya.

4. Peppermint

Peppermint berguna untuk perbaikan proses pencernaan. Efek antispasmodik peppermint pada otot di saluran pencernaan membantu meredakan nyeri akibat gas. Senyawa yang memberi mint rasa segar dan memiliki sifat pereda nyeri alami. Minuman yang mengandung peppermint dapat menenangkan kontradiksi usus dan perut untuk mencegah otot pencernaan menegang yang nantinya akan menyebabkan mual dan sakit perut.

5. Adas

Dikutip dalam NDTV, adas memiliki khasiat karminatif (mencegah kolik), diuretik, pereda nyeri dan antimikroba yang memberi rasa lega dari sakit perut yang menyengsarakan.

Secara tradisional, ini digunakan sebagai makanan dan obat dalam budaya Cina, Mesir dan Yunani selama berabad-abad. Adas dapat membantu hilangkan sakit perut dengan cara dikunyah atau diseduh dengan menggunakan air hangat.

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu redakan sakit perut. Campurkan satu sendok makan dengan secangkir air dan satu sendok teh madu dan minum perlahan. Asam dalam cuka sari apel dapat membantu mengurangi pencernaan pati, memungkinkan pati masuk ke usus dan menjaga bakteri di usus tetap sehat.

7. Air beras

Dikutip dalam NDTV, air sisa setelah menanak nasi memiliki banyak manfaat dan dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut. Ini juga bermanfaat saat alami diare dan menambah rasa dengan mencampurkan perasan lemon atau madu.

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com