Gaya Hidup

Berikut Cara Menaikkan Berat Badan dengan Benar

EDUNEWS.ID – Banyak orang ingin kurus, hingga segala macam coba dilakukannya demi mendapatkan tubuh kurus. Diet, olahraga, bahkan cara-cara yang mereka lakukan bisa saja salah dan malah membahayakan tubuhnya.

Bagaimana dengan orang kurus? Ternyata tidak semua orang kurus nyaman dengan tubuhnya yang kurus itu. Banyak orang kurus yang memang memiliki kesulitan dalam menaikkan berat badan padahal mereka sudah bersusah payah makan ini-itu.

Apabila kamu salah satunya, berikut ini 9 tips atau cara menaikkan berat badan yang benar menurut berbagai sumber. Coba diterapkan ya!

1. Makan lebih sering, dengan porsi kecil

Orang yang sulit gemuk cenderung cepat merasa kenyang. Maka, makan dengan porsi besar adalah cara yang salah. Lebih baik makan lebih sering namun dengan porsi kecil saja.

Baca juga :  Begini Efek Bagi Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Kurma

2. Makan dengan ukuran piring yang lebih besar

Cara ini akan mensugesti kita bahwa makanan yang ada di hadapan kita porsinya lebih sedikit dari yang sebenarnya. Ini akan memacu nafsu makan kita.

3. Banyak minum air putih

Faktanya, hampir 70 persen orang berbadan kurus ternyata kekurangan cairan tubuh. Padahal, air sangat penting bagi organ tubuh dalam menjalankan fungsinya.

4. Tidak minum sebelum makan

Minum air sebelum makan memang cenderung membuat kita merasa kenyang sebelum makan dan akan mengurangi nafsu makan. Bagi yang berbadan kurus, usahakan minum air sekitar 30 menit setelah makan. Ini akan membantu penyerapan nutrisi dengan baik.

5. Makan makanan bernutrisi tinggi

Baca juga :  Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Ramdhan

Cara menggemukkan badan bukan dengan makan masakan berlemak dan kalori tinggi. Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi, seperti buah, sayur, kacang-kacangan.

6. Perbanyak konsumsi karbohidrat

Memperbanyak konsumsi karbohidrat akan memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh. Berat badan akan bertambah. Karbohidrat bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, hingga tepung. Eh, tapi jangan berlebihan juga ya.

7. Konsumsi tambahan kalori

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung energi yang dikeluarkan setiap harinya. Kalori tambahan bisa didapatkan dari topping keju ketika makan roti, atau tambahan telur dadar ketika makan sup ayam. Tidak perlu banyak-banyak, karena justru bisa menyebabkan diabetes.

8. Konsumsi camilan sehat

Baca juga :  Ini Penyebab dan Cara Menghentikan Perut Kembung Setiap Pagi

Beberapa orang membutuhkan camiln sebagai teman bekerja atau hanya menonton film. Jika ingin menggemukkan badan, gantilah camilan-camilan tidak sehat menjadi buah-buahan atau makanan lain yang tinggi nutrisi seperti kacang kedelai. Karena makanan yang digoreng dengan minyak akan meningkatkan kadar kolesterol.

9. Batasi olahraga kardio

Wajib bergerak bukan berarti tidak membatasi olahraga kardio. Gerakan yang berlebihan justru akan mengurangi lemak tubuh. Maka, sebaiknya kurangi kadar latihan kardio dan gerakan aerobik demi kelancaran penggemukan badan.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara menaikkan berat badan yang benar? Mulai sekarang jangan sampai salah lagi ya. Bersemangatlah untuk mencapai berat badan impianmu!

itm

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!