Kesehatan

Berikut Cara Mengetahui Berat Badan Turun tanpa Timbangan

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Timbangan bukanlah satu-satunya alat untuk mengukur berat badan. Ada cara mengetahui berat badan turun tanpa timbangan lainnya yang dapat membantu Anda melacak bobot tubuh sudah berkurang atau belum.

Meski tak menunjukkan hasil berupa angka seperti timbangan badan, namun upaya ini cukup akurat dan bisa jadi solusi kala terdesak.

Selain itu, bobot tubuh sejatinya bukan satu-satunya tolok ukur berat badan sudah turun. Jika Anda melakukan olahraga, mungkin saja tubuh membakar lemak sekaligus membangun massa otot secara bersamaan.

Sehingga mungkin saja berat badan tidak turun, namun lemak sudah berkurang dan sebaliknya otot yang memadat.

Untuk itu, simak 5 cara mengetahui berat badan turun tanpa menggunakan alat timbangan.

1. Coba kenakan pakaian lama

Cara termudah untuk mengetahui berat badan turun adalah dengan mencoba mengenakan pakaian maupun celana jeans lama yang dulunya ditinggalkan lantaran sempit.

Merujuk The Star, Anda bisa cek apakah pakaiannya terasa longgar, bebas bergerak, tak membentuk lipatan lemak, serta retsleting dan kancing sudah bisa ditutup.

Jika pakaian kembali muat dan nyaman, sudah tentu mengindikasikan berat badan Anda turun. Apalagi celana yang dicoba terasa longgar dan membutuhkan ikat pinggang untuk menahannya tak melorot maka program diet Anda berhasil.

2. Gunakan pita pengukur

Ilustrasi. Cara mengetahui berat badan turun tanpa timbangan dengan menggunakan pita pengukur.

Meski pita pengukur terkesan kuno, namun alat yang digunakan banyak penjahit pakaian ini bisa bermanfaat untuk mengetahui berat badan tanpa timbangan.

Mengukur lingkar pinggang dan pinggul bisa jadi indikator kuat penurunan berat badan. Caranya, tempatkan pita di titik atau tempat yang sama setiap mengukur. Catat nomornya setelah mengembuskan napas secara normal.

Selain lingkar pinggang dan pinggul, area lain yang bisa diukur adalah dada, lengan atas, bokong, paha, juga betis. Namun jangan khawatir jika Anda diet dengan kombinasi olahraga. Meski ukuran tak menunjukkan pengurangan, bisa saja massa otot yang meningkat.

Saat menggunakan pita pengukur untuk melacak penurunan berat badan, jangan berharap langsung melihat perubahan dalam hitungan hari. Sebab metode ukur ini membutuhkan waktu lebih lama sekitar setiap beberapa minggu.

3. Foto selfie mingguan

Ilustrasi Pria SelfieFoto: tookapic/Pixabay

Ilustrasi. Cara mengetahui berat badan turun tanpa timbangan dengan mengambil foto selfie secara berkala.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengambil foto selfie sebagai dokumentasi membuat Anda tetap termotivasi untuk terus mencapai target berat badan yang diinginkan.

Selain itu, melihat perubahaan fisik seiring waktu dari foto dapat memberikan rasa puas. Untuk melacak perubahannya, ambil foto selfie, baik itu close up maupun seluruh tubuh setiap minggunya, bisa dari beberapa sudut yang berbeda.

Kenakan pakaian dan berdirilah di tempat yang sama setiap foto. Jangan berkecil hati jika tidak ada perubahan drastis pada 1 atau 2 kali foto. Asalkan konsisten melakukan diet dan olahraga dengan benar, Anda akan mendapat hasil yang memuaskan.

Bagaimanapun, penurunan berat badan adalah proses bertahap yang tidak terjadi dalam semalam.

4. Cek pola tidur

Ilustrasi. Cara mengetahui berat badan turun tanpa timbangan dengan mengecek pola tidur.

Pola tidur merupakan pertanda langsung dari manfaat rutinitas olahraga dan aktivitas yang Anda lakukan dalam sehari. Semakin tubuh aktif di siang hari, semakin baik kualitas dan kuantitas tidur di malam hari.

Selain itu, kurang tidur dan masalah insomnia dapat menghambat produksi hormon yang mengontrol rasa lapar dan justru meningkatkan nafsu makan.

Tak heran jika orang yang mengalami gangguan tidur cenderung makan lebih banyak saat begadang sepanjang malam.

Tidur yang nyenyak membantu Anda mempertahankan gaya hidup sehat dan membantu perjalanan penurunan berat badan Anda.

Semakin baik pola tidur, semakin kecil kemungkinan kenaikan berat badan. National Sleep Foundation merekomendasikan tidur nyenyak selama tujuh hingga sembilan jam untuk memastikan kebutuhan istirahat orang dewasa terpenuhi.

5. Gunakan kalkulator lemak tubuh

ilustrasi charger hpFoto: iStockphoto/AntonioGuillem

Ilustrasi. Cara mengetahui berat badan turun tanpa timbangan dengan menghitung lemak tubuh di kalkulator online.

Cara mengetahui berat badan tanpa timbangan bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator lemak tubuh (body fat) yang bisa dicek secara online.

Mengutip LiveStrong, dari metode ini Anda bisa mendapat hasil berupa persentase lemak tubuh dari waktu ke waktu.

Persentase lemak tubuh adalah jaringan lemak versus massa tanpa lemak, alias tulang dan jaringan ikat.

Persentase lemak tubuh yang lebih tinggi, bahkan jika berat total Anda normal, menunjukkan bahwa Anda rentan terhadap masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas, misalnya penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Acuannya, dikatakan berbahaya jika pria memiliki lemak tubuh lebih dari 23,1 persen dan 33,3 persen untuk wanita, menurut Mayo Clinic.

Anda bisa mengukur lemak tubuh setiap satu atau dua bulan sekali. Jika menunjukkan hasil yang berkurang maka berat badan berupa lemak sudah hilang, meskipun berat badan atau ukuran celana Anda tidak menunjukkan perubahan.

Baca juga :  Mutasi Virus Corona Disebut Lebih Mudah Menular ke Anak-anak

dtk

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com