Kesehatan

Berikut Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Para wanita sering kali mempunyai masalah wajah, terutama bekas jerawat. Noda hitam bekas jerawat pun membuat kita kurang percaya diri. Ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam secara alami.

Sebelum mencoba produk kecantikan buatan. Kamu dapat mencoba beberapa alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Berikut 9 cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam :

1. Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat, dengan kandungan anti bakteri serta peradangan membuat lidah buaya menjadi bahan alami yang ampuh.

Caranya dengan menyiapkan lidah buaya, lalu ambil gelnya. Kemudian, aplikasikan gel lidah buaya pada bekas jerawat atau flek hitam, dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas menggunakan air, metode ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali setiap harinya.

2. Lemon

Lemon memiliki kandungan alami yang dapat memutihkan serta memudarkan noda dan flek hitam di pipi. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam lemon, bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Baca juga :  Berikut Posisi Tidur yang Berdampak Buruk Bagi Tubuh

Caranya, air perasan lemon diaplikasikan pada bagian kulit yang memiliki bekas jerawat yang hitam, menggunakan jari atau cotton bud. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air, lakukan cara ini setiap 1 kali sehari selama 10 hingga 15 menit.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan yang kaya dengan Vitamin E dan asam lemak, dengan kandungan tersebut bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya, aplikasikan minyak kelapa pada seluruh bagian kulit wajah dan pijat selama 5 hingga 10 menit, diamkan selama 1 jam. Kemudian bilas menggunakan air hangat, cara ini bisa dilakukan setiap 1 sampai 2 kali setiap minggu.

4. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E, dikenal kaya dengan antioksidan dan dapat memperbaiki kondisi kulit. Vitamin E cukup ampun untuk menghilangkan bekas jerawat, jika dilakukan secara teratur.

Caranya, keluarkan vitamin E dari dalam kapsul, oleskan pada kulit yang memiliki bekas jerawat yang hitam. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

5. Baking Soda

Baking soda dikenal dapat bekerja secara ringan untuk mengeksfoliasi kulit. Selain itu, baking soda dapat membantu memudarkan, bekas jerawat secara perlahan.

Baca juga :  Cuci Darah Habiskan Uang BPJS Kesehatan hingga Rp 4,8 Triliun Pertahun

Caranya, campurkan 2 sendok teh baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada wajah yang memiliki noda hitam atau bekas jerawat, diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas. Cara ini, bisa menghilangkan jerawat jika dilakukan setiap 1 hari sekali secara rutin.

6. Cuka Apel

Selain sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat, Cuka apel juga megandung bahan yang dapat membantu meringankan pigmentasi kulit. Selain itu, merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel, dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya, campurkan cuka apel mentah murni, dan air dengan jumlah yang sama. Kemudian, celupkan bola kapas pada campuran tersebut, dan aplikasikan pada noda jerawat. Diamkan selama 5 menit, dan bilas menggunakan air, cara ini dapat dilakukan setiap hari.

7. Kentang

Kentang merupakan bahan yang mudah ditemukan, dan dikenal memiliki manfaat menghilangkan bekas jerawat. Kandungan yang terdapat pada kentang, dipercaya bisa menghilangkan bekas luka, dan bekas jerawat.

Baca juga :  Setelah Buang Air Kecil, Pria Butuh Cuci Tangan?

Caranya, parut 1 kentang dan saring menggunakan kain bersih, untuk mendapatkan sari kentangnya. Oleskan air sari kentang pada noda dan flek hitam selama 20 menit, kemudian bilas.

8. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang mempercepat proses penyembuhan kulit, dan kandungan anti inflamasi.

Caranya, campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit, dan sedikit air perasan lemon hingga menjadi pasta. Oleskan ke bagian bekas jerawat yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan setiap 2 kali sehari.

9. Madu

Madu memiliki kandungan antibiotik, dan dapat membantu perawatan jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya, aplikasikan madu pada bekas jerawat, lalu tutupi dengan perban atau kasa, diamkan semalaman. Kemudian, bersihkan dengan air hangat, cara ini bisa dilakukan setiap hari sebelum tidur.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam, dengan bahan yang alami dan mudah ditemukan. Proses pembersihan muka menjadi bagian yang terpenting, agar sisa make-up tidak menimbulkan jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!