Kesehatan

Berikut Cara Tidur Nyenyak saat Hidung Tersumbat

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saat sakit, istirahat yang cukup merupakan bagian dari upaya pemulihan kondisi. Namun saat pilek, tidur jadi tidak nyaman, atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali lantaran sulit bernapas karena hidung mampet atau tersumbat.

Mengapa hidung bisa mampet atau tersumbat?

Hidung tersumbat paling sering diakibatkan pembuluh darah pada hidung membengkak sehingga ada kelebihan cairan mengumpul pada jaringan hidung.

“Pembengkakan jaringan ini umumnya mengakibatkan penyumbatan pada hidung. Itulah sebabnya kita merasakan sensasi tersumbat,” tutur Danh Ngo, dokter osteopati di Medical Offices of Manhattan dikutip dari Insider.

Biasanya, gangguan pada saluran napas disertai gejala lain seperti, tekanan pada sinus, sakit kepala, batuk dan sakit pada telinga. Sementara hidung mampet terjadi pada mereka yang mengalami flu atau selesma atau alergi.

Baca juga :  Ketahui Tanda Serangan Jantung, Jangan Dikerok

Apa yang bisa dilakukan agar tidur tetap nyenyak tanpa hidung mampet?

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa membantu membuka sinus. Melansir dari Medical News Today, uap panas bisa melonggarkan mukus yang mengering dan bisa membantu membilas hidung, mengurangi rasa sakit dan mampet.

Sebagian orang mempraktikkan memijat kulit di sekitar sinus untuk melancarkan pernapasan. Mandi air hangat juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

2. Konsumsi madu

Hidung tersumbat memaksa orang untuk bernapas lewat mulut. Akibatnya tenggorokan kering terlebih jika ada gejala lain seperti batuk dan radang tenggorokan. Konsumsi madu bisa meredakan rasa tidak nyaman plus mengurangi batuk.

Anda bisa juga mencoba madu pada anak-anak daripada membiarkan mereka mengonsumsi obat. Madu bisa dikonsumsi begitu saja atau dicampur dengan air jahe hangat dan teh.

Baca juga :  Berikut 13 Fakta Tentang Rangka Manusia yang Mungkin Belum Diketahui
Advertisement

3. Penggunaan humidifier

Salah satu cara untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan membuat ruangan atau kamar lebih lembap. Pelembap ruangan atau humidifier bisa dipasang di kamar dan membantu melegakan hidung.

“Udara yang lembap akan membuat mukus lebih cair dan lebih mudah dikeluarkan,” ucap Lina Velikova, dokter di Disturb Me Not mengutip dari Insider.

Anda bisa menambahkan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus. Selain itu penting untuk menjaga humidifier tetap bersih karena kondisi lembap bisa jadi lingkungan yang baik untuk bakteri dan jamur tumbuh.

4. Obat

Langkah ini bisa Anda lakukan jika kondisi pilek cukup parah. Pilih obat yang memang bisa dikonsumsi saat malam karena ada obat yang ditujukan untuk siang hari dan membuat Anda terus terjaga.

Ngo merekomendasikan obat dengan antihistamin atau dekongestan. Obat akan membantu Anda mengatasi hidung mampet dan gejala penyerta.

5. Atur posisi tidur

Velikova berkata, posisi tidur yang kurang tepat juga bisa membuat hidung makin mampet dan susah tidur. Tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri bakal serba salah. Posisi ini nyaman tapi sulit bernapas.

Dia pun menyarankan untuk menambahkan bantal agar posisi kepala agak terangkat. Mukus atau cairan pada hidung tidak akan makin menutup saluran napas.

 

 

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com