Kesehatan

Berikut Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Rutinitas olahraga bukan saja bertujuan untuk menurunkan lemak, meningkatkan massa otot atau mengelola stres, melainkan juga bermanfaat untuk penderita penyakit tertentu. Salah satunya diabetes. Ada beberapa jenis olahraga yang memang disarankan untuk penderita diabetes.

Pendiri Diabetes Motion Academy di Santa Barbara, California, Sheri Colberg dikutip dari Everyday Health mengungkapkan bahwa olahraga bisa membantu penderita diabetes meningkatkan aksi insulin dan menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

Belum lagi, menurut catatan National Library of Medicine, olahraga turut membantu tubuh Anda menangkal pelbagai penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di tengah pandemi seperti ini, orang dengan penyakit kronis bakal lebih berisiko mengalami komplikasi ketika mereka jatuh sakit.

Baca juga :  Berikut 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Dikena Penikmat Keju

Itu sebab, meningkatkan kekebalan tubuh dengan olahraga serta mengelola gula darah, dapat membantu Anda tetap sehat. Ada sejumlah rekomendasi jenis olahraga yang mudah dilakukan dan dapat Anda masukkan ke daftar rutinitas harian.

Berikut 6 olahraga praktis untuk penderita diabetes.

Jalan cepat

Berjalan cepat merupakan salah satu aktivitas olahraga ringan dengan manfaat utama. Karena itu, mulailah dengan berjalan kaki.

“Berjalan itu mudah dilakukan. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu yang bagus dan tempat untuk pergi. Berjalan mungkin adalah salah satu aktivitas yang paling banyak diresepkan untuk penderita diabetes tipe 2,” ucap Colberg.

Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, jalan cepat dilakukan dengan kecepatan yang meningkatkan detak jantung dianggap sebagai latihan intensitas sedang. Jalan cepat lebih dari 30 menit per hari selama lima hari dalam sepekan akan membantu Anda mencapai target yang disarankan, yakni 150 menit olahraga intensitas sedang.

Baca juga :  Kemenkes Pastikan Barang Impor China Tak Terpapar Corona

Tai chi

Tai chi yang merupakan tradisi Tiongkok kuno ini dipercaya bisa mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan. Olahraga ini menurut Mayo Clinic, dilakukan dengan mengalirkan serangkaian gerakan lambat dan santai dengan pernapasan dalam.

Sebuah meta-analisis dari 14 studi yang diterbitkan di Journal of Diabetes Research pada 2018 menyimpulkan tai chi sebagai cara yang efektif bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengelola glukosa darah dan kadar A1C mereka.

Tai chi sangat ideal untuk penderita diabetes karena memberikan kebugaran dan mengurangi stres. Olahraga ini juga meningkatkan keseimbangan dan dapat mengurangi kerusakan saraf atau neuropati–yang merupakan komplikasi umum penderita diabetes.

“Meskipun manfaat yang terakhir itu masih belum terbukti,” tutur Colberg. Akan tetapi ia menekankan, menjaga keseimbangan setiap hari adalah komponen penting untuk tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Baca juga :  Beberapa Cara Efektif agar Tidak Tertular Covid-19

Latihan angkat beban

Advertisement

Latihan beban ini diperlukan untuk mengelola pertahanan otot. Latihan massa otot penting bagi penderita diabetes tipe 2. Kata Colberg, jika penderita diabetes tipe 2 kehilangan massa otot maka akan lebih sulit menjaga gula darah.

“Saya tidak bisa mengatakan manfaat dari latihan beban, tidak hanya untuk penderita diabetes, tapi untuk semua orang,” ujar Colberg.

Rencanakan latihan ketahanan atau latihan beban setidaknya dua kali seminggu sebagai bagian dari manajemen diabetes Anda.

American College of Sports Medicine merekomendasikan, Anda bisa menggunakan latihan dengan beban bebas, mesin, atau tali dengan resistensi yang menantang. Lakukan dua hingga tiga set dengan 8 hingga 12 pengulangan setiap latihan.

Yoga

Sama seperti tai chi, penelitian menunjukkan yoga dapat membantu penderita diabetes mengurangi stres dan mengelola kondisi tersebut. Ini penting, sebab ketika tingkat stres tinggi maka kadar gula darah pun semakin tinggi.

Salah satu kelebihan yoga sebagai olahraga adalah, bisa dilakukan sesering mungkin dan sesuka Anda. Lebih banyak akan lebih baik.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Physical Activity & Health pada 2017 menyimpulkan bahwa olahraga membantu mengurangi gejala depresi pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Berenang

Berenang adalah olahraga aerobik jenis lain yang ideal untuk penderita diabetes tipe 2 lantaran tak memberikan tekanan pada persendian. Mengapung di air tidak terlalu membuat Anda stres dibandingkan jogging atau berjalan.

Diabetes tipe 2 menurut American Diabetes Association, dapat menyebabkan komplikasi kaki, termasuk neuropati. Karena neuropati dapat menyebabkan hilang rasa di kaki, maka Anda dapat membeli sepatu air untuk melindungi kaki ketika di kolam.

Bersepeda statis

Bersepeda statis merupakan salah satu bentuk latihan aerobik yang membuat jantung Anda lebih kuat dan paru-paru Anda berfungsi lebih baik, selain juga membakar kalori. Studi menyebut, hanya dengan berkendara sepeda beberapa kali per minggu sudah dapat mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi dan, kadar trigliserida.

Untuk menggunakan sepeda statis ini bahkan Anda tidak perlu keluar rumah dan ramah di segala cuaca.

Itu tadi olahraga yang disarankan untuk penderita diabetes. Pastikan untuk memeriksa kesehatan Anda sebelum melakukan beberapa latihan olahraga apapun. Lakukan aktivitas secara perlahan dan bertahap, jangan langsung berat. Seiring waktu, durasi dan intensitas olahraga kelak akan meningkat.

 

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com