Kesehatan

Berikut Kebiasaan yang Bisa Ganggu Kualitas Tidur

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari, namun kebiasaan dan gaya hidup dapat mengganggunya.

Menurut National Institute For Health, gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur dilansir Boldsky, Jumat.

1. Makan malam terlambat
Jika Anda makan malam setelah jam 10 malam, itu akan memengaruhi Anda. Penting bagi Anda untuk berusaha agar tidak makan malam setelah jam 10 malam.

2. Makan jeruk di malam hari
Jika Anda makan jeruk atau grapefruit di malam hari, itu bukan ide yang baik. Sebab buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan akan membuat Anda gelisah saat tidur.

3. Tidur dengan perut kosong
Tidur dengan perut kosong atau perut kenyang sebelum tidur dapat memengaruhi tidur Anda. Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat Anda nyenyak. Tunggulah hingga dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

4. Bermain ponsel di tempat tidur
Cahaya yang keluar dari ponsel Anda memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Ini menyebabkan hambatan dalam tidur.

5. Berolahraga sebelum tidur
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat Anda langsung tertidur. Tetapi, jika Anda berolahraga sesaat sebelum tidur, itu akan memengaruhi tidur dan membuat Anda tidak nyenyak. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

6. Mencuci wajah dengan air dingin
Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat memengaruhi tidur. Sebab air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat tetap terjaga. Jadi, basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur.

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD

7. Kopi
Minum kopi sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan, yang dapat mengganggu tidur Anda. Jadi, alih-alih minum kopi, Anda bisa makan cokelat.

ant

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com