Kesehatan

Berikut Lima Minuman Buka Puasa yang Bisa Bantu Atasi Dehidrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah berpuasa seharian penuh, tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga, saat berbuka puasa nanti harus mengkonsumsi banyak cairan untuk menggantinya.

Tubuh manusia 60 persen terdiri dari air, dan dalam sehari mengeluarkan cairan sebanyak 2-3 liter per hari melalui urine serta keringat. Jika tidak segera mengkonsumsi cairan yang cukup, bisa-bisa menyebabkan dehidrasi.

Untuk mengatasinya, detikcom merangkum 5 jenis minuman berbuka puasa yang bisa membantu memenuhi kekurangan cairan yang ada di dalam tubuh.

1. Air putih

Minuman yang paling penting untuk memenuhi cairan dalam tubuh adalah air putih. Minum air putih saat berbuka bisa membantu menghilangkan dehidrasi.

Air putih bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengendalikan kalori di tubuh, dan memberikan energi untuk beraktivitas. Jika cairan tidak terpenuhi, bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Baca juga :  Bolehkah ODP Virus Corona Berpuasa? Ini Kata Dokter

Selain itu, minum air putih saat berbuka bisa menjaga sistem pencernaan dan menghindari penuaan dini. Caranya, minumlah minimal 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat buka puasa.

2. Air kelapa muda

Air kelapa muda dikenal bisa mengatasi dehidrasi, maka tak jarang minuman ini jadi menu favorit untuk berbuka puasa. Saat mengkonsumsinya, bisa menaikkan elektrolit pada tubuh yang telah hilang selama sehari berpuasa.

Elektrolit merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Air kelapa juga mengandung serat, vitamin C, mineral, kalsium, dan kalium. Selain itu, air kelapa juga bisa melancarkan sistem pencernaan, mengontrol berat badan, tekanan gula darah, dan melindungi kelembapan kulit.

Baca juga :  Dietlah! Maka Anda Ikut Berkontribusi Menyelamatkan Bumi

3. Teh hijau

Advertisement

Teh hijau juga sangat cocok untuk buka puasa karena berbagai manfaatnya. Minuman ini kaya antioksidan, menangkal radikal bebas, dan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.

Selain itu, teh hijau juga bisa menurunkan berat badan, mengatasi dehidrasi, mengontrol gula darah, hingga menjaga metabolisme tubuh. Jika mengkonsumsinya saat berbuka puasa, teh hijau ini bisa memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh.

4. Jus buah

Buah-buahan mengandung banyak manfaat, seperti serat, vitamin, dan mineral yang cocok untuk mengatasi dehidrasi setelah sehari berpuasa. Buah yang bisa dijadikan jus dan mengatasi dehidrasi adalah semangka dan melon.

Kedua buah ini memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu memenuhi cairan yang hilang di dalam tubuh. Selain itu, bisa juga mengkonsumsi jus alpukat dan pisang, yang kaya serat serta kalium untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Akan jauh lebih baik lagi kalau disajikan tanpa gula tambahan dan susu yang berlebihan.

5. Infused Water

Sebagian orang mungkin suka sekali berbuka puasa dengan minuman yang bersoda, padahal sebenarnya tidak baik dan sama sekali tidak mengatasi dehidrasi. Sebagai penggantinya, kamu bisa minum infused water yang terbuat dari air putih ditambah dengan potongan buah yang bisa membantu menghilangkan dehidrasi di tubuh.

Perpaduan air putih dan buah-buahan ini juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, karena infused water ini mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

 

 

 

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com