Kesehatan

Berikut Makanan dan Minuman yang Cocok Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Madu

JAKARTA, EDUNEWS.IDAktivitas makan atau menelan bisa sangat menyakitkan ketika mengalami radang tenggorokan. Meski kesulitan makan dan minum, tubuh tetap harus mendapat asupan nutrisi untuk mempercepat proses pemulihan.

Namun yang dikonsumsi pun tak bisa sembarangan. Ada makanan dan minuman tertentu yang cocok dimakan ketika sakit radang tenggorokan karena mudah ditelan serta dapat menurunkan peradangan.

Penyebab paling umum radang tenggorokan atau faringitis adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu.

Sakit tenggorokan disebabkan oleh virus sebenarnya dapat sembuh sendiri, tentunya didukung dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak memicu sakit bertambah parah.

Untuk itu, ketahui 13 jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi ketika radang tenggorokan agar tubuh tetap mendapat nutrisi dan mempercepat proses penyembuhan.

1. Bubur

Bubur sudah layaknya santapan wajib orang Indonesia ketika sakit. Teksturnya yang lembek memudahkannya untuk ditelan dan menjadi sumber karbohidrat untuk meningkatkan energi.

Santaplah selagi hangat, jangan terlalu panas agar tidak memperparah iritasi pada tenggorokan.

2. Sup hangat

Selain bubur, semangkuk sup hangat disebut membantu membersihkan saluran udara yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

Kaldu dalam sup dapat melegakan sakit tenggorokan dan membantu menghambat pergerakan sel darah putih yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Kuah hangatnya juga meningkatkan pergerakan lendir hidung serta membuat tetap terhidrasi, dan sedikit garam di dalamnya membantu tubuh mempertahankan cairan.

3. Pisang

Tekstur buah yang lembut dan mengandung banyak nutrisi cocok dikonsumsi kala sakit tenggorokan. Pisang juga kaya vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda bisa menikmatinya begitu saja atau dicampur sedikit madu maupun sebagai topping pada semangkuk oat hangat.

4. Mashed potato

Mashed potato atau kentang tumbuk bertekstur lembut menjadikannya pilihan tepat ketika sakit tenggorokan. Tak perlu membuang kulitnya, rebus atau kukus dan tumbuk bersamaan dengan dagingnya.

Kulit kentang mengandung magnesium, vitamin C, dan antioksidan, yang membantu mempercepat pemulihan. Kentang mungkin tidak sesehat beberapa pilihan lain dan memang mengandung gula, tetapi teksturnya yang halus dapat mudah ditelan sakit tenggorokan.

Nikmati saja secukupnya.

5. Bubur oatmeal

Mengutip Medical News Today, antioksidan dan magnesium dalam gandum membantu mengurangi peradangan, sementara seng mendukung kekebalan dan penyembuhan.

Terlebih, oatmeal dan mudah dicerna usus karena sarat akan serat dan bahan-bahan yang membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Teksturnya yang lembut membuat semangkuk bubur oatmeal hangat mudah ditelan dan membantu mencegah iritasi tenggorokan.

Campurkan juga dengan satu hingga dua sendok madu agar mendapat manfaat kesehatan tambahan.

6. Jus buah alami

Jus buah alami menjadi pelengkap nutrisi yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jika nafsu makan tengah memburuk, konsumsi satu atau dua gelas jus buah per hari dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi secara keseluruhan, dan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

Hindari jus buah kemasan karena mengandung tinggi gula dan pengawet yang bisa memperparah sakit tenggorokan.

Anda bisa mengikuti resep berikut: sayuran hijau, alpukat, susu atau air, buah beku lainnya, sedikit jahe dan kunyit. Semuanya blend jadi satu dan nikmati selagi masih segar.

7. Delima

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan.

Tidak hanya mengandung antioksidan, buah delima juga mengandung astringen yang dapat meningkatkan kontraksi jaringan tubuh dan membantu mengurangi pembengkakan di tenggorokan, yang pada gilirannya mengurangi rasa sakit.

8. Kunyit

Kunyit adalah antioksidan ampuh yang dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan.

Kandungan curcumin-nya sering dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka dan peradangan. Anda bisa menyeduh kunyit dengan air hangat atau sebagai campuran jamu untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

9. Madu

Ketika sakit tenggorokan, hindari makanan terlalu manis yang bersumber dari gula. Alternatifnya, pilih madu sebagai pemanis alami. Madu bertindak sebagai penghalang terhadap infeksi virus dan bakteri dan dapat membantu Anda pulih lebih cepat.

Kendati demikian, tetap batasi konsumsinya dengan tak lebih dari satu sendok makan per hari.

10. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan sakit tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Jahe sejak dulu kala sudah digunakan sebagai obat untuk membantu menekan rasa sakit dan peradangan.

Bahkan, bahan aktif dalam jahe yakni gingerol membantu mencegah mual. Tambahkan jahe dan madu ke dalam secangkir air panas atau seduh bersamaan dalam segelas teh dan lemon untuk mendapat manfaat dan nikmat ganda.

11. Yogurt

Tekstur yogurt yang lembut, dingin, dan kental menenangkan untuk sakit tenggorokan sekaligus memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat penyembuhan.

Selain itu, yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, lemak sehat yang baik, serta meningkatkan bakteri probiotik yang bermanfaat yang mendukung fungsi kekebalan tubuh.

12. Telur

Telur adalah sumber protein yang baik yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan. Telur mengandung vitamin D dan B12 serta mineral penangkal infeksi seperti seng, zat besi, dan selenium.

Ketika sakit radang tenggorokan, mengolah telur dengan cara diorak-arik atau direbus membuatnya menjadi lunak sehingga mudah ditelan.

13. Wedang ronde

Wedang ronde selalu menjadi andalan untuk menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Kuah atau wedangnya merupakan air jahe hangat yang membantu meringankan sakit tenggorokan dan melancarkan sirkulasi darah.

Sementara ronde atau tepung ketan yang berbentuk bulat warna-warni itu bertekstur kenyal namun mudah hancur ketika dikunyah membuatnya mudah untuk ditelan.

Ketiga belas makanan dan minuman di atas bisa menjadi opsi makanan agar tubuh tetap mendapat nutrisi meski mengalami sakit tenggorokan.

Selama itu pula, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, tidak berada dalam ruangan yang berudara kering, menjauhi makanan pedas dan asam, serta tidak merokok agar sakit yang diderita tak bertambah parah.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com