Gaya Hidup

Berikut Minuman yang Bisa Tingkatkan Fokus Bekerja

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Banyak orang mencari berbagai cara sederhana untuk meningkatkan fokus, memori, dan produktivitas. Beberapa minuman dengan kandungan nootropik disebut dapat meningkatkan fungsi otak.

Nootropik adalah kelas senyawa alami atau sintetis yang dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa minuman diketahui mengandung senyawa notropik alami.

Tak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi minuman-minuman dengan senyawa nootropik alami. Terlebih beberapa minuman tersebut juga mengandung senyawa lain seperti antioksidan dan probiotik yang dapat mendukung kesehatan Anda.

Manfaat untuk Tubuh

Berikut beberapa minuman yang dapat meningkatkan fungsi otak agar tetap fokus dan produktif, melansir Healthline.

1. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman nootropik yang paling banyak dikonsumsi. Sebuah ulasan mencatat, kafein dalam kopi dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan memori dalam dosis 40-300 miligram atau setara dengan 120-720 mililiter kopi.

Namun, Anda juga perlu mengingat batas aman mengonsumsi kafein harian. Anda disarankan meminum kopi tak lebih dari 945 mililiter per hari.

2. Teh hijau

Kandungan kafein pada teh hijau lebih rendah daripada kopi. Namun, minuman ini menawarkan dua senyawa nootropik lainnya seperti L-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG).

Studi menunjukkan bahwa L-theanine dapat memicu relaksasi. L-theanine yang dikombinasikan dengan kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Sebuah tinjauan menemukan bahwa teh hijau secara keseluruhan dapat meningkatkan fokus, perhatian, dan memori.

Selain itu, EGCG dalam teh hijau diketahui dapat membantu memerangi penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

3. Kombucha

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hijau atau hitam dikombinasikan dengan buah atau tumbuh-tumbuhan. Manfaat utamanya terletak pada probiotik untuk usus Anda.

Secara teroritis, kesehatan usus yang baik dapat meningkatkan fungsi otak. Namun, masih sedikit penelitian yang membuktikan manfaat kombucha untuk otak.

4. Jus jeruk

Advertisement

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang menawarkan manfaat untuk melindungi saraf.

Sebuah ulasan menemukan, orang dengan asupan vitamin C yang tinggi dilaporkan memilik tingkat perhatian, memori, dan kemampuan berbicara yang lebih baik.

Namun, jus jeruk tinggi kalori. Asupan gula tambahan yang tinggi dalam jus kerap dikaitkan dengan beberapa kondisi seperti obesitas, diabetes tipe-2, dan penyakit jantung.

5. Jus blueberry

Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat meningkatkan fungsi otak melalui senyawa antioksidan bernama antosianin yang dimilikinya.

Beberapa ulasan menemukan konsumsi jus blueberry dapat meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang.

6. Susu kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan produksi neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Kadar BDNF yang rendah dikaitkan dengan penurunan kondisi mental dan gangguan neurologis. Peningkatan kadar BDNF dapat meningkatkan fungsi otak.

Resep susu kunyit

Bahan:

475 ml susu

1 1/2 sdt kunyit bubuk

pemanis madu atau stevia

kayu manis

Cara membuat:

Panaskan susu dengan api sedang. Campurkan dengan bubuk kunyit. Setelah tercampur rata, masukkan pemanis dan kayu manis. Sajikan dalam kondisi hangat.

7. Jus bit

Bit kaya akan nitrat yang digunakan tubuh untuk meningkatkan oksigenasi sel dan meningkatkan aliran darah.

Oksida nitrat diketahui berperan di area otak yang bertanggung jawab untuk kemampuan berbicara, fokus belajar, dan membuat keputusan. Jus bit dapat memberikan efek ini dengan meningkatkan produksi oksida nitrat.

8. Kefir

Seperti kombucha, kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung probiotik yang terbuat dari susu. Kefir diketahui dapat membantu fungsi otak dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com