Kesehatan

Bidan: Air Susu Ibu Bisa Tangkal Corona pada Bayi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Air Susu Ibu (ASI) memiliki kandungan nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang bayi. Ini karena dalam ASI terdapat karbohidrat, protein, vitamin, juga mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas pada bayi yang baru lahir.

Itu sebabnya, ASI punya sederet manfaat mulai dari mencegah stunting hingga menangkal virus yang menginfeksi tubuh. Termasuk virus corona penyebab Covid-19.

Dokter Konselor Laktasi, Ameetha Drupadi menyarankan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia dua tahun mengingat besarnya manfaat ASI tersebut. Sebab kata dia, 1.000 hari pertama kehidupan bayi menjadi periode yang sangat menentukan ke depannya.

“1.000 hari pertama kehidupan termasuk dalam fase yang sangat penting dalam pencegahan stunting. Karenanya, ibu harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi dari masa kehamilan hingga kelahiran anak agar dapat memiliki kuantitas maupun kualitas ASI yang baik,” terang Ameetha melalui siaran langsung, “Kartini ASI, Menyusui Lancar di Tengah Pandemi” beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Eijkman Prediksi Antigen Kandidat Vaksin Corona Indonesia Selesai Oktober

Dalam acara yang digelar Dexa grup tersebut, Ameetha memaparkan tiga bahan alami penting yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Bahan-bahan itu antara lain ikan gabus, daun katuk dan, daun torbangun.

“Ikan gabus dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak, daun katuk direkomendasikan karena terbukti meningkatkan produksi ASI, dan daun torbangun yang tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium dapat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan bayi,” jelas dia.

Advertisement

Sementara Bidan Brian Sahar, dari Komunitas Bidan Pencerah Nusantara mengungkapkan, fungsi ASI yang mampu membangun sistem imunitas tubuh pada bayi bisa menjadi benteng dari virus corona. Karena itu ia turut meyakinkan bahwa pemberian ASI eksklusif adalah hal penting yang harus dilakukan.

“Saya juga menekankan, terkait dengan kondisi pandemi yang kita hadapi bersama saat ini, masyarakat diharapkan dapat membangun imun tubuh sejak dini melalui ASI,” tutur dia dalam kegiatan grup farmasi tersebut.

“Tidak ada makanan lain yang aman bagi bayi selain ASI sehingga perlu sekali bagi ibu untuk memperhatikan produksi ASI dengan cara yang tepat,” ujar dia lagi.

Wabah virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia terus menunjukkan pertambahan kasus. Kondisi ini memunculkan kerentanan bagi bayi yang baru lahir, terutama karena daya imunitas bayi bergantung pada cakupan gizi yang hanya diperoleh dari ASI.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com