Kesehatan

Bidan: Air Susu Ibu Bisa Tangkal Corona pada Bayi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Air Susu Ibu (ASI) memiliki kandungan nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang bayi. Ini karena dalam ASI terdapat karbohidrat, protein, vitamin, juga mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas pada bayi yang baru lahir.

Itu sebabnya, ASI punya sederet manfaat mulai dari mencegah stunting hingga menangkal virus yang menginfeksi tubuh. Termasuk virus corona penyebab Covid-19.

Dokter Konselor Laktasi, Ameetha Drupadi menyarankan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia dua tahun mengingat besarnya manfaat ASI tersebut. Sebab kata dia, 1.000 hari pertama kehidupan bayi menjadi periode yang sangat menentukan ke depannya.

“1.000 hari pertama kehidupan termasuk dalam fase yang sangat penting dalam pencegahan stunting. Karenanya, ibu harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi dari masa kehamilan hingga kelahiran anak agar dapat memiliki kuantitas maupun kualitas ASI yang baik,” terang Ameetha melalui siaran langsung, “Kartini ASI, Menyusui Lancar di Tengah Pandemi” beberapa waktu lalu.

Dalam acara yang digelar Dexa grup tersebut, Ameetha memaparkan tiga bahan alami penting yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Bahan-bahan itu antara lain ikan gabus, daun katuk dan, daun torbangun.

“Ikan gabus dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak, daun katuk direkomendasikan karena terbukti meningkatkan produksi ASI, dan daun torbangun yang tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium dapat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan bayi,” jelas dia.

Sementara Bidan Brian Sahar, dari Komunitas Bidan Pencerah Nusantara mengungkapkan, fungsi ASI yang mampu membangun sistem imunitas tubuh pada bayi bisa menjadi benteng dari virus corona. Karena itu ia turut meyakinkan bahwa pemberian ASI eksklusif adalah hal penting yang harus dilakukan.

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD

“Saya juga menekankan, terkait dengan kondisi pandemi yang kita hadapi bersama saat ini, masyarakat diharapkan dapat membangun imun tubuh sejak dini melalui ASI,” tutur dia dalam kegiatan grup farmasi tersebut.

“Tidak ada makanan lain yang aman bagi bayi selain ASI sehingga perlu sekali bagi ibu untuk memperhatikan produksi ASI dengan cara yang tepat,” ujar dia lagi.

Wabah virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia terus menunjukkan pertambahan kasus. Kondisi ini memunculkan kerentanan bagi bayi yang baru lahir, terutama karena daya imunitas bayi bergantung pada cakupan gizi yang hanya diperoleh dari ASI.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com