Kesehatan

Cegah Virus Korona, Menkes: Yang Paling Penting Terus Berdoa

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto mengklaim pihaknya telah melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus korona jenis baru yang berasal dari Wuhan, China. Pemerintah telah memperketat pemeriksaan kesehatan di semua bandara Indonesia. Selain itu, Menkes meminta masyarakat ikut berdoa agar virus korona tidak menyebar.

“Kementerian sudah siap (pencegahan dan penanggulangan virus korona baru), bandara semua sudah oke,” tutur Menkes Terawan saat diwawancarai pada seminar deteksi kanker melalui AI di Hotel Mercure Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Selain harus waspada, Menkes juga menekankan pentingnya berdoa supaya wabah akibat virus korona jenis baru tidak menyebar ke Indonesia.

“Yang paling penting terus berdoa supaya tidak ada virus yang masuk. Kita waspada dan sambil berdoa,” ucapnya.

Baca juga :  Berikut Cara Menaikkan Berat Badan dengan Benar

Pihak berwenang di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat dan banyak negara Asia, telah meningkatkan pemeriksaan terhadap para pelancong dari Wuhan, kota pusat tempat virus pertama kali ditemukan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menduga sumber pertama virus korona jenis baru di Wuhan yakni dari hewan. WHO juga sepakat bahwa virus tersebut dapat ditularkan antarmanusia, jika terjadi kontak yang dekat.

Badan yang bermarkas di Jenewa itu kemudian membentuk komite darurat untuk menilai apakah wabah itu merupakan keadaan darurat kesehatan internasional dan tindakan apa yang harus diambil untuk mengelolanya. Sejauh ini, WHO belum merekomendasikan pembatasan perdagangan atau perjalanan, tetapi panel ahli independen dapat melakukannya atau membuat rekomendasi lain untuk membatasi penyebaran.

Baca juga :  Seputar Hepatitis, Mitos dan Fakta?

rpl

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!