Kampus

Diskusi Soal Covid-19, Kahmi Rayon Unhas Rekomendasikan Hal Berikut

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Kahmi Rayon Unhas menggelar diskusi virtual untuk membahas mengenai penanganan covid-19 di Sulawesi Selatan, Rabu (06/05/2020) sore.

Kegiatan yang menghadirkan Ketua Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia, Prof. Ridwan Amiruddin ini, dimoderatori oleh Dr. Syahid Arsjad.

Dalam diskusi tersebut, narasumber yang juga Ketua Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat Unhas ini menyoroti pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar.

Menurutnya, PSBB di Kota Makassar masih perlu diperpanjang, karena kasus positif masih meningkat, angka kematian masih meningkat, serta adanya perluasan wilayah baru dan pergerakan masyarakat masih masif.

Sekarang ini, Sulawesi Selatan telah menjadi episentrum baru di luar Jawa. Telah terjadi transmisi lokal sehingga diasumsikan dalam 10 orang yang berkumpul ada 3 orang yg terpapar covid 19.

Baca juga :  Panlok 14 Medan Siapkan Ribuan Pengawas untuk SBMPTN
Advertisement

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hanya 16 % masyarakat yang taat stay at home, sehingga masih diperlukan pelaksanaan PSBB yang efektif.

Di akhir diskusi, beberapa rekomendasi yang diajukan kepada pemerintah daerah dalam menangani covid 19 ini yaitu:
1. Perlunya perhatian serius pemerintah dengan ditetapkannya Makassar sebagai episentrum penyebaran Covid-19
2. Perlu pelibatan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pendekatan budaya Bugis Makassar untuk pelaksanaan PSBB yang lebih efektif
3. Perlu dilakukan akselerasi pasif testing pada populasi berisiko dalam jumlah yang signifikan serta pengetatan isolasi pada OTG

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com