Kesehatan

Dongkrak Imunitas dengan Makanan Alami

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Dalam melewati periode pandemi virus corona, semakin banyak orang menyadari pentingnya menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tidak sedikit yang kemudian memilih asupan makanan alami.

Ahli gizi dr Johanes Chandrawinata MND SpGK merekomendasikan beberapa bahan alami yang diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh. Tidak perlu mencari asupan yang sulit didapat, berapa bahan yang disarankan juga bisa ditemukan di sekitar kita.

Salah satu asupan alami yang mudah didapat ialah daun kelor. Johanes menjelaskan, daun kelor mengandung beberapa zat gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti beta karoten (pro-vitamin A), vitamin C, dan sedikit zinc.

Daun kelor ini bisa dikonsumsi dengan beragam cara. Johanes mengatakan, daun kelor bisa diseduh sebagai minuman teh ataupun dijadikan sebagai sayur pelengkap makanan.

Baca juga :  Ternyata, Meminum Langsung Air Hujan Mencegah Berbagai Penyakit

Selain daun kelor, jamur kancing juga direkomendasikan oleh Johanes. Jamur kancing mengandung selenium dan vitamin B, seperti riboflavin dan niacin.

Lalu jamur tiram mengandung zinc, semangka mengandung glutathione yang baik untuk daya tahan terhadap stres oksidatif, kemudian bayam kaya akan vitamin C, dan ubi jalar kuning kaya akan beta-carotene provitamin A peningkat imunitas. Johanes pun mengingatkan pentingnya menghindari stres oksidatif karena dapat menurunkan kekebalan tubuh.

“Ada beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan tubuh, ada juga yang kaya anti oksidan untuk mengurangi stres oksidatif,” tuturnya ketika dihubungi Republika.co.id, Selasa (31/3/2020).

Di samping jejamuran, bayam, dan semangka, menurut Johanes, bawang putih dan brokoli juga baik untuk sistem iimunitas. Selain itu ada jahe dan buah delima.

Baca juga :  Buah Pir Bagus jadi Bagian Menu Makan Rutiin Anda, Berikut Kandungannya

“Keduanya kaya akan anti oksidan untuk mengurangi stres oksidatif,” ujar Johanes.

rpl

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com