Gaya Hidup

Jaga Kesehatan Mata agar Tak Mudah Lelah Saat WFH

bekerja (work from home/WFH)/ilustrasi.

JAKARTA,  EDUNEWS.ID – Pandemi COVID-19 membuat banyak aktivitas mengalami pergeseran pada sistem online. Salah satu aktivitas yang kini banyak dilakukan secara online dari jarak jauh adalah bekerja (work from home/WFH).

Saat WFH, kita dituntut untuk terus aktif di depan layar gawai untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Baik itu di laptop, komputer, tablet, maupun smartphone. Kita pun sering kali dituntut aktif mengikuti berbagai kegiatan video conference sebagai pengganti komunikasi tatap muka langsung yang tak bisa dilakukan ketika WFH. Sadar atau tidak, segala aktivitas yang menuntut Anda untuk terus fokus di depan layar gawai dapat menyebabkan mata lelah juga iritasi akibat efek radiasi.

Kondisi mata lelah sering sekali ditemui di era digital saat ini. Meski tampak sepele dan bisa diatasi dengan cara sederhana, kondisi mata lelah juga dapat menimbulkan potensi berbahaya bagi kesehatan jika berlanjut dalam jangka panjang. Contohnya terlihat pada gejala sakit kepala, penglihatan buram, nyeri atau kaku di sekitar leher, bahu, dan punggung, hingga iritasi yang menyebabkan mata kering dan merah. Gejala-gejala tersebut dapat membuat tubuh terasa kurang energi dan berdampak buruk pada produktivitas Anda.

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari gejala mata mata lelah demi jaga kesehatan mata saat WFH.

1. Terapkan Metode 20-20-20

Kondisi mata lelah sering timbul ketika kita menghabiskan waktu secara intens untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu panjang tanpa beristirahat. Untuk menghindarinya, Anda dapat menerapkan metode 20-20-20, yaitu beristirahat setiap 20 menit. Dengan mengubah fokus mata Anda dari layar ke objek lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempat Anda, dan lihatlah objek yang ada dalam waktu 20 detik.

Penting juga bagi Anda yang kesehariannya dihabiskan di depan layar untuk menyeimbangkan aktivitas mata yang intens dengan aktivitas lain yang dapat menyegarkan mata. Seperti berjalan-jalan di luar ruangan dengan cahaya alami setelah menghabiskan waktu lama di depan layar.

2. Gunakan Tetes Mata

Ketika Anda bekerja di depan layar secara intens, Anda perlu untuk sering berkedip guna menghindari mata menjadi kering dan iritasi. Selain itu, Anda juga dapat mengatasi mata kering dengan penggunaan obat tetes mata yang berfungsi sebagai air mata buatan. Cara sederhana ini dapat dilakukan untuk mencegah munculnya gejala mata lelah yang lebih parah.

3. Pastikan Pencahayaan dan Posisi Layar Tepat

Pencahayaan yang tidak tepat dapat menyebabkan kelelahan mata, baik itu kondisi terlalu terang maupun terlalu redup. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan kondisi pencahayaan dari layar gawai yang dipakai dengan baik. Juga memastikan kondisi cahaya dari ruangan yang Anda tempati saat bekerja cukup terang dan baik untuk mata. Anda juga dapat memanfaatkan fitur filter yang ramah di mata untuk mengurangi silau dari perangkat digital Anda.

Pastikan juga Anda melihat layar dari gawai digital Anda dalam jarak dan posisi yang tepat. Sebisa mungkin jarak layar tak boleh terlalu dekat dari mata. Selain itu Anda dapat mengurangi kelelahan mata jika mengatur pandangan layar setinggi mata atau sedikit di bawahnya.

Selain melakukan beberapa hal di atas, Anda juga dapat menjaga kesehatan mata dan menghindari mata lelah akibat WFH dengan program Realfood Bright Sight 12 hari. Program sehat Realfood ini merupakan program kesehatan 12 hari pertama di Indonesia yang diformulasi di antaranya mengandung sarang burung walet dan berbagai kandungan alami bermanfaat lainnya untuk mata, diproduksi secara modern dan higienis dengan standar internasional ISO 22000

Tak sekadar sarang burung walet, Realfood Bright Sight diformulasikan secara khusus oleh para ahli dalam formula yang terkemas dalam bentuk program sehat 12 hari yang disesuaikan dengan kebutuhan mata, telah tersertifikasi Halal, dan BPOM.

Program ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan mata Anda antara lain, membantu mencegah mata merah, gatal dan kering, membantu mencegah kerusakan retina dan lensa mata, membantu menurunkan risiko katarak, membuat mata tetap basah, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Soal kandungan, program Realfood Bright Sight 12 hari menawarkan berbagai keunggulan salah satunya dari Epidermal Growth Factor (EGF) yang bantu menghambat proses penuaan dini dan menjaga kesehatan lambung. Terdapat pula kandungan asam sialat, Zinc, serta vitamin A, E, dan B2 yang membantu menjaga kesehatan mata.

Vitamin A baik untuk membantu mencegah kerusakan sel retina dan dan lensa mata, sedangkan Vitamin B2 membantu mencegah risiko mata katarak.

Tak perlu khawatir, Program 12 Hari Realfood Bright Sight aman dikonsumsi secara rutin setiap hari karena tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, maupun pewarna dalam produksinya. Program sehat ini juga telah melewati supervisi oleh ahli gizi dan nutrisi berpengalaman.

Anda dapat mengkonsumsi program sehat 12 Hari Bright Sight dengan aman untuk bantu penuhi jaga kesehatan mata. Untuk penuhi kebutuhan kesehatan bagian tubuh lainnya, Realfood juga menawarkan 9 program sehat lainnya. Yaitu Hair Power, Stay Fit, Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Royal Wellness, Pure Wellness, Ever Glow, dan Ever Glow+.

Yuk, ikut Program Realfood Bright Sight yang dapat bantu jaga kesehatan mata dan hindari mata lelah saat WFH.

Baca juga :  Depresi Picu Gangguan Ingatan

cnn

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com