Kesehatan

Kenali Jenis dan Penyebab Penyakit Darah

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Darah memiliki peran vital bagi manusia. Darah berupa cairan yang membawa nutrisi, oksigen, dan tempat pembuangan bagian yang tidak diperlukan tubuh.

Sel dan protein di dalam darah lebih kental dari air murni. Manusia rata-rata memiliki 5 liter darah setiap orangnya.

Darah manusia tersusun dari empat komponen utama, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), plasma darah, dan trombosit (keping darah). Keempat komponen tersebut dapat mengalami sebuah masalah sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya malfungsi dari darah dan kita bisa mengalami penyakit kelainan darah.

Berikut penyakit darah dilansir dari Web MD:

A. Penyakit darah yang mempengaruhi darah merah

1. Anemia

Pengidap anemia memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Anemia ringan sering tidak menimbulkan gejala. Anemia yang lebih parah dapat menyebabkan kelelahan, kulit pucat, dan sesak napas saat aktivitas.

2. Polisitemia Vera

Tubuh memproduksi terlalu banyak sel darah. Kelebihan sel darah merah biasanya tidak menimbulkan masalah tetapi dapat menyebabkan pembekuan darah pada beberapa orang.

3. Malaria

Gigitan nyamuk mentransmisikan parasit ke dalam darah seseorang, di mana nyamuk menginfeksi sel darah merah. Secara berkala, sel darah merah pecah, menyebabkan demam, menggigil, dan kerusakan organ. Infeksi darah ini paling umum di beberapa bagian Afrika tetapi juga dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis lainnya di seluruh dunia. Mereka yang bepergian ke daerah yang terkena dampak harus mengambil tindakan pencegahan.

B. Penyakit yang memengaruhi darah putih

1. Limfoma

Suatu bentuk kanker darah yang berkembang di sistem getah bening. Pada limfoma, sel darah putih menjadi ganas, berkembang biak dan menyebar secara tidak normal. Limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin adalah dua kelompok limfoma utama. Pengobatan dengan kemoterapi dan atau radiasi seringkali dapat mengobati dan menyembuhkan.

2. Leukemia

Suatu bentuk kanker darah di mana sel darah putih menjadi ganas dan berkembang biak di dalam sumsum tulang. Leukemia bisa bersifat akut (cepat dan berat) atau kronis (perlahan-lahan berkembang). Kemoterapi atau transplantasi sel induk (transplantasi sumsum tulang) dapat digunakan untuk mengobati leukemia.

3. Multiple Myeloma

Multiple Myeloma adalah kanker darah di mana sel darah putih yang disebut sel plasma menjadi ganas. Sel-sel plasma berlipat ganda dan melepaskan zat merusak yang akhirnya menyebabkan kerusakan organ. Multiple myeloma tidak memiliki obat, tetapi transplantasi sel induk atau kemoterapi dapat memungkinkan banyak orang untuk hidup bertahun-tahun dengan kondisi ini.

4. Sindrom Mielodisplastik

Sindrom Mielodisplastik merupakan keluarga kanker darah yang memengaruhi sumsum tulang. Sindrom Myelodysplastic sering berkembang sangat lambat, tetapi tiba-tiba dapat berubah menjadi leukemia berat. Perawatan Sindrom Mielodisplastik bisa berupa transfusi darah, kemoterapi, dan transplantasi sel induk.

C. Penyakit darah yang memengaruhi platelet

1. Trombositopenia

Jumlah trombosit yang rendah dalam darah banyak kondisi menyebabkan trombositopenia. Tetapi kebanyakan tidak menyebabkan perdarahan abnormal.

2. Purpura Idiopatik Trombositopenik

Purpura Idiopatik Trombositopenik merupakan suatu kondisi yang menyebabkan jumlah trombosit yang terus-menerus rendah dalam darah, karena penyebab yang tidak diketahui. Biasanya, bintik-bintik merah kecil pada kulit (petechiae) atau pendarahan abnormal dapat terjadi.

3. Heparin Trombostiopenia

Jumlah trombosit yang rendah disebabkan oleh reaksi terhadap heparin, pengencer darah yang diberikan kepada banyak orang yang dirawat di rumah sakit untuk mencegah pembekuan darah.

4. Thrombotic Thrombocytopenic Purpura

Kelainan darah langka yang menyebabkan gumpalan darah kecil terbentuk di pembuluh darah di seluruh tubuh. Trombosit digunakan dalam proses, menyebabkan jumlah trombosit yang rendah.

5. Trombositemia Esensial

Tubuh memproduksi terlalu banyak trombosit, karena penyebab yang tidak diketahui. Trombosit tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan pembekuan yang berlebihan, perdarahan, atau keduanya.

D. Penyakit darah yang memengaruhi plasma darah

1. Hemofilia
Kekurangan genetik protein tertentu yang membantu darah membeku. Ada banyak bentuk hemofilia, mulai dari yang ringan sampai yang mengancam jiwa.

2. Penyakit Von Willebrand

Faktor von Willebrand adalah protein dalam darah yang membantu pembekuan darah. Pada penyakit von Willebrand, tubuh memproduksi terlalu sedikit protein, atau menghasilkan protein yang tidak bekerja dengan baik. Tetapi kebanyakan orang dengan penyakit von Willebrand tidak memiliki gejala dan tidak tahu mereka mengalaminya. Beberapa orang dengan penyakit von Willebrand akan mengalami pendarahan yang berlebihan setelah cedera atau selama operasi.

3. Keadaan Hiperkoagulabel

Kecenderungan darah menggumpal terlalu mudah; kebanyakan orang yang terkena hanya memiliki kecenderungan berlebihan untuk menggumpal, dan mungkin tidak pernah didiagnosis. Beberapa orang mengalami episode berulang pembekuan darah sepanjang hidup dan mengharuskan mereka untuk minum obat pengencer darah setiap hari.

4. Trombosis Vena

Gumpalan darah di vena dalam, biasanya di kaki. Trombosis vena yang dalam dapat mengeluarkan dan berjalan melalui jantung ke paru-paru, menyebabkan emboli paru.

5. Koagulasi Intravaskular Diseminata

Suatu kondisi yang menyebabkan gumpalan darah kecil dan area pendarahan di seluruh tubuh secara bersamaan; infeksi parah, pembedahan, atau komplikasi kehamilan adalah kondisi yang dapat menyebabkan DIC.

Itulah jenis-jenis penyakit darah yang bisa berakibat fatal bagi kita. Mari kita jaga ksehatan kita agar senantiasa terhindar dari penyakit.

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com