Kesehatan

Mendengarkan Musik saat Berolahraga, Ini Manfaatnya

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Musik tak bisa lepas dari aktivitas apa pun. Waktu bersantai di rumah, bepergian dengan transportasi umum, hingga bekerja tak pernah luput dari kegiatan mendengarkan musik, termasuk di antaranya saat berolahraga.

Tak cuma sebagai ‘teman’, musik yang didengarkan saat berolahraga memberikan manfaatnya sendiri. Mengutip Stylist, sebuah penelitian dari University of Southern Queensland dan Brunel University menemukan, musik membuat olahraga terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Musik membawa dampak positif saat berolahraga. Mulai dari meningkatkan performa hingga memotivasi diri agar lebih semangat.

1. Meningkatkan performa
Anda bisa pilih lagu “Bonamana” milik Super Junior untuk menemani aktivitas olahraga. Betapa tidak, lagu dengan tempo cepat dipercaya dapat membuat seseorang lebih bersemangat.

Baca juga :  Berikut Bahaya Kelebihan Vitamin C

Hal itu disampaikan dalam sebuah studi yang dikutip dari situs Center4Research. Sebagai contoh, musik bertempo cepat dapat membuat durasi lari lebih lama dan panjang.

2. Mengurangi rasa sakit
Ibarat obat, mendengarkan musik saat berolahraga dapat mengurangi rasa sakit.

Mengutip Best Health Magazine, studi pada 2013 dari McGill University menyebut, mendengarkan musik bisa menurunkan permintaan untuk obat pascaoperasi. Musik bisa mengalihkan rasa sakit saat berlatih atau berolahraga.

3. Waktu berlalu tanpa terasa
Olahraga dalam intensitas waktu yang lama tak akan terasa jika dilakukan sembari mendengarkan musik.

Jika olahraga memakan waktu selama 60 menit, siapkan 15 deret lagu favorit Anda.

4. Meningkatkan mood
Sebuah analisis pada 2013 menemukan orang yang sering mendengarkan musik bisa meningkatkan mood dan menemukan kesadaran diri (self-awareness). Partisipan dalam studi melaporkan,saat mendengarkan musik mereka lebih memperhatikan diri mereka dan seolah keluar sejenak dari keruwetan pikiran. Mendengarkan musik membuat aktivitas olahraga jadi lebih menyenangkan.

Baca juga :  Hindari Risiko Kanker dengan Melakukan 4 Hal Berikut

5. Motivasi
Saat mendengarkan musik bertempo sedang hingga cepat, otak bakal lebih bersemangat dan mengajak tubuh untuk bergerak. Secara tidak langsung, racikan daftar lagu bisa memotivasi Anda untuk melanjutkan olahraga dan tidak gampang menyerah karena lelah.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!