Gaya Hidup

Peneliti: Daya Ingat Wanita Lebih Tajam daripada Pria

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pernahkah kamu berargumen dengan lawan jenis dan menyadari bahwa kalian memiliki perbedaan dalam mengingat memori dari masa lalu? Kira-kira siapa yang lebih pandai dalam mengingat memori?

Sebuah penelitan menunjukkan wanita sedikit lebih baik daripada pria dalam mengingat hal-hal detail seperti percakapan atau kata-kata dan wajah-wajah.

Ada banyak tipe memori yang disimpan oleh manusia dan digunakan untuk bertahan hidup. Salah satu memori kunci yang dimiliki oleh manusia disebut dengan ‘episodik’.

Encyclopedia of Neuroscience menerangkan ingatan episodik merupakan memori yang diingat secara sadar yang berisi berbagai peristiwa yang dialami secara pribadi. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengingat tipe memori ini dengan baik.

Baca juga :  Pentingnya Spion pada Kendaraan

Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Instutuet di Swedia menganalisis jutaan partisipan untuk mengetahui bagaimana mereka mengingat informasi dari ingatan episodik. Hasilnya menunjukkan wanita lebih baik dalam mengingat jenis ingatan episodik tertentu daripada pria.

Peneliti utama, Prof Agneta Herlitz dan timnya melakukan meta-analisis terhadap 617 studi yang terjadi pada tahun 1973-2013, termasuk lebih dari 1,2 juta peserta secara keseluruhan.

“Hasilnya menunjukkan bahwa wanita memiliki ingatan lebih baik dalam memori episodik, dan keuntungan itu bervariasi tergantung pada bahan mana yang harus diingat,” ucapnya dikutip dari Medical News Today.

Secara khusus, wanita tampak lebih baik dalam mengingat kata-kata, dimana mereka meninggalkan sesuatu, dan apa yang terjadi dalam film. Wanita juga lebih baik dalam mengingat wajah dan gambar sensorik. Laki-laki, di sisi lain, tampaknya lebih baik dalam mengingat informasi abstrak dan data navigasi.

Baca juga :  Perawat di Papua Rela Terombang-ambing di Tengah Laut Demi Pasien

“Secara umum, wanita berperforma lebih baik dalam mengingat informasi verbal, seperti kata-kata, kalimat, teks, dan objek, tetapi juga lokasi objek, dan film. Pria dapat lebih baik mengingat gambar abstrak dan mengingat jalan kembali dari satu lokasi ke lokasi lain,” ujarnya.

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!