Kesehatan

Penelitian: Wudhu Dapat Hilangkan Berbagai Macam Penyakit, Mulai Sakit Kepala hingga Kanker

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Berwudhu tidak hanya menjadi syarat sahnya shalat, tapi juga bisa menghindarkan umat Islam dari penyakit dan bahkan menyembuhkan dari berbagai macam penyakit. Asalkan, wudhunya dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Dalam bukunya yang berjudul “Sehat dengan Wudhu”, Syahruddin El-Fikri menjelaskan bahwa berwudhu itu menyehatkan dan dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal linu, sakit mata, sakit gigi, dan lain sebagainya.

“Mungkin hal ini, tak pernah kita sadari. Wudhu yang dilakukan dengan baik dan benar serta sempurna maka hal itu dapat menyehatkan dan mencegah seseorang dari berbagai macam penyakit,” ujar Syahruddin dikutip dari bukunya, Senin (28/9/2020).

Seperti yang diungkapkan Muhammad Husein Haykal dalam bukunya yang berjudul “Hayatu Muhammad”, sepanjang hidupnya Rasulullah juga tak pernah menderita penyakit, kecuali saat sakaratul maut hingga wafatnya. Menurut Syahruddin, hal ini menunjukkan bahwa wudhu dengan cara yang benar, niscaya dapat mencegah berbagai penyakit.

Dalam penelitian yang dilakukan Muhammad Salim tentang manfaat wudhu untuk kesehatan, menurut Syahruddin, juga diungkapkan bahwa berwudhu dengan cara yang baik dan benar, akan mengakibatkan tubuh seseorang terhindar dari segala penyakit.

Sedangkan cara berwudhu yang baik adalah dimulai dengan membasuh tangan lalu berkumur-kumur, lalu mengambil air dan menghirupnya ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya. Langkah ini hendaknya dilakukan sebanyak tiga kali secara bergantian.

Dalam penelitian Muhammad Salim itu, menurut Syahruddin, juga menganalisis masalah kesehatan ratusan hidung orang-orang sehat yang tidak berwudhu dan membandingkannya dengan ratusan orang yang teratur dalam berwudhu selama lima kali dalam sehari dan melaksanakan shalat.

Berdasarkan hasil penelitian itu, Syahruddin menyimpulkan bahwa sesungguhnya berwudhu itu menyehatkan, baik secara lahir maupun batin. Dari hal yang tampaknya kecil dan sepele, ternyata wudhu mengandung hikmah dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan seseorang.

Baca Juga :   Perhatikan! 4 Tips Makan Sahur untuk Penderita GERD

Jauh sebelum penelitian itu, Rasulullah Saw pernah bersabda:  “Sempurnakan wudhu, lakukan istinsyaq (memasukkan air ke hidung) kecuali jika kamu berpuasa.”

 

ant

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com