Kesehatan

Tak Harus Pakai Hand Sanitizer, IDI: Menggunakan Sabun Aja Bisa

BANJARNEGARA, EDUNEWS.ID – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banjarnegara membagikan 3.000 sabun pembersih tangan. Selain mengajak masyarakat hidup sehat, juga untuk membantah anggapan jika untuk menangkal virus corona harus menggunakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

“Ada 3.000 sabun cair untuk membersihkan tangan. Tujuannya adalah adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa membersihkan tangan tak harus pakai hand sanitizer. Padahal menggunakan sabun aja bisa asal sesuai aturan,” tutur ketua IDI Banjarnegara dr Agus Ujianto usai membagikan sabun di Rumah Sakit Islam Banjarnegara, Minggu (8/3/2020).

Dalam kesempatan ini, ia juga mengajak masyarakat untuk terus hidup sehat untuk membentengi penyebaran virus corona. Ia juga menegaskan, mencuci tangan tidak harus dengan hand sanitizer atau sejenisnya. Sebab, menggunakan sabun di rumah juga bisa membersihkan kotaran serta virus yang menempel di tangan.

“Sebenarnya mencuci tangan pakai sabun biasa di rumah juga bisa asal sesuai prosedur,” ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, ketua tim satgas corona virus Banjarnegara dr Bugar Wijiseno mengatakan, kini pihaknya tengah menyosialisasikan pemahaman terkait virus corona terhadap para dokter di Banjarnegara. Mulai dari bagaimana menemukan kasus, mendiagnosis, menatalaksana, hingga merujuk.

“Langkah kami saat ini meningkatkan kemampuan di internal IDI sendiri tentang penyebaran virus corona. Jadi jangan sampai karena kurang kepemahaman dari dokter justru membuat panik yang lain,” ujar dia.

Saat ini, salah satu warga Banjarnegara masuk dalam pengawasan virus corona. Pasien tersebut baru pulang dari Malaysia. Dan kini sudah dirujuk untuk dirawat di Rumah Sakit Margono, Purwokerto.

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com