Gaya Hidup

Kuasai Dulu Cara Parkir Mobil Sebelum Belajar Mengemudi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Salah satu kendala bagi sebagian orang khususnya perempuan saat berkendara menggunakan mobil adalah ketika akan parkir. Apalagi di tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau perkantoran.

Biasanya ini menjadi masalah dan momok yang menakutkan buat orang yang baru belajar mengemudi, atau jam terbang berkendara yang belum terlalu panjang.

Kekhawatiran yang muncul adalah takut menyenggol mobil lain, menyerempet tembok atau parkir kurang lurus, yang dianggap bisa merugikan pengendara lain.

Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, idealnya apabila ingin belajar mengemudi, dasar pertama yang harus dikuasai adalah parkir yang benar. Baik parkir cara seri atau paralel.

“Tips pertama memang harus lancar mengemudi dulu, dan belajar parkir menjadi dasar. Karena parkir butuh presisi, mencari tempat yang aman, tidak menyusahkan orang lain, karena flow di parkiran biasanya orang mau buru-buru,” ucap Sony di Jakarta, Selasa (21/1/2020)

Baca juga :  Pemanis Buatan Rusak Kinerja Metabolisme Karbohidrat

Parkir secara seri memang membutuhkan keahlian khusus di banding parkir paralel. Kerena harus mengepaskan posisi mobil, tidak terlalu ke kanan atau ke kiri sehingga bisa memberi ruang yang pas untuk mobil di sebelahnya.

Bila masih merasa kesulitan untuk memarkirkan kendaraan, usahakan cari petugas parkir yang bisa memberi aba-aba agar kendaraan bisa benar-benar lurus.

Jangan terburu-buru dan terpengaruh respon pengendara lain yang biasanya membunyikan klakson atau isyarat lampu depan saat kita sedang parkir.

“Kalau yang belum terlalu lancar, menurut saya yang paling gampang memanfaatkan fasilitas valet. Memang lebih mahal, tapi akan jauh lebih aman dan tidak merugikan diri sendiri serta orang lain,” ujar Sony.

Baca juga :  Enam Kebiasaan Sebelum Tidur ini Baik untuk Turunkan Berat Badan

kmp

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!