Gaya Hidup

Sejumlah Manfaat Memasak Ketika Bersama Anak

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kegiatan memasak memiliki banyak manfaat. Secara umum, mengolah ragam bahan masakan menjadi makanan tentu dapat menghemat pengeluaran, lebih sehat, sekaligus menunjang kreativitas karena memasak adalah seni.

Di luar itu, memasak bahkan baik untuk kesehatan mental. Di masa karantina akibat pandemi, banyak orang memasak sebagai terapi. Antara lain untuk menjernihkan pikiran, meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta menjaga kesehatan otak.

Orang tua bisa memberi pembekalan memasak kepada anak sebagai teknik dasar bertahan hidup sejak dini. Memasak harus diperhitungkan sebagai salah satu edukasi bersama, karena tak sedikit pula manfaat yang didapat orang tua saat memasak bersama anak, seperti berikut ini.

1. Meningkatkan wawasan anak
Dengan begitu banyak peralatan memasak yang mempunyai fungsi berbeda-beda, belum termasuk berbagai bumbu dan bahan makanan, orang tua akan memberikan pengetahuan baru bagi anak. Tujuannya, anak tidak merasa asing berada di dapur.

2. Melatih kedewasaan anak
Memasak memiliki tahap-tahap yang harus dituntaskan, mulai dari persiapan sampai membersihkan peralatan dan area dapur. Semua ini memerlukan tanggung jawab serta kemampuan mengambil keputusan dari anak.

3. Mengajarkan kesetaraan gender
Satu hal yang kerap jadi hambatan orang tua dalam mengedukasi anak adalah anggapan masyarakat bahwa laki-laki tidak perlu bisa memasak. Padahal kegiatan memasak sendiri tidak mengenal gender. Orang tua perlu menanamkan kepada anak bahwa pekerjaan domestik bukan semata harus dikerjakan oleh perempuan.

Heinz ABC mendukung edukasi kesetaraan tersebut lewat kampanye Koki Muda Sejati 2020. Mira Buanawati, Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG menjelaskan kegiatan ini sejalan dengan misi menyebarkan pemahaman tentang kesetaraan gender kepada generasi muda.

Baca Juga :   Soft Opening Barbershop Pedjuang, Sediakan Promo Diskon 50% dan Kopi Gratis Usai Potong Rambut

“Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi masyarakat dan membangun perilaku yang lebih baik di kalangan anak muda,” ujar Mira.

Melanjutkan komitmen berkontribusi bagi Indonesia dengan memberi tujuan baik, Heinz ABC percaya upaya mendidik dan mendorong generasi muda untuk memiliki pemahaman tentang kesetaraan gender akan berguna bagi anak saat kelak berumah tangga sendiri. Untuk itu, kampanye dilakukan antara lain lewat berbagai konten pada platform daring Ruang Guru sebagai mitra program Heinz ABC.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com