Gaya Hidup

Selain Berhenti Merokok, Berikut Resolusi Terbaik bagi Kaum Pria di 2019

JAKARTA, EDUNEWS.IDSebentar lagi kita semua akan meninggalkan tahun 2018 dan menuju 2019. Ada lima hal terbaik yang bisa anda lakukan, terutama kaum pria, di 2019 untuk menjaga kesehatan.

Tip ini juga memperpanjang usia dan bahkan direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Berikut lima tipnya, dikutip dari laman Punchng, Rabu (26/12/2018).

1.Lakukan pemeriksaan rutin

Sekalipun Anda merasa sehat, pemeriksaan kesehatan rutin (seperti tekanan darah, kadar gula darah, pemeriksaan prostat) sangat penting untuk mengatasi masalah sejak dini dan tetap sehat. Kesehatan mental Anda sama pentingnya, dan mencari bantuan untuk masalah kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan, bisa menjadi sangat penting.

Baca juga :  Pentingnya Peran Pendidikan untuk Cegah Anak Kecanduan Merokok

2. Jauhi alkohol

Penggunaan alkohol yang berbahaya menewaskan hampir 3 juta orang pada tahun 2016, 75 persen di antaranya adalah pria. Minum terlalu banyak, atau terlalu sering, meningkatkan risiko cedera, kecelakaan jalan, dan kekerasan, serta menyebabkan efek jangka panjang seperti kerusakan hati, kanker, dan penyakit jantung.

Penggunaan alkohol yang berbahaya juga dapat memengaruhi kesehatan mental dan berdampak negatif pada keluarga dan orang-orang di sekitar anda.

Advertisement

3. Berhenti merokok

Penggunaan tembakau menyebabkan kanker, penyakit paru-paru, penyakit jantung dan stroke, menewaskan lebih dari 7 juta orang setiap tahun. Itu juga menyebabkan impotensi. Berhenti merokok adalah salah satu tindakan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Dalam 12 minggu, fungsi paru-paru Anda meningkat, dalam setahun risiko penyakit jantung Anda sudah setengah dari risiko perokok.

4. Makan lebih baik

Makan makanan yang sehat membantu mencegah diabetes dan banyak penyakit lainnya. Cobalah makan lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan (misalnya lentil), kacang-kacangan dan biji-bijian. Batasi jumlah garam hingga 1 sendok teh per hari, gula menjadi kurang dari 5 persen dari total asupan energi dan lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen dari asupan energi Anda.

5. Lebih aktif

Satu dari empat orang tidak cukup aktif. Orang dewasa harus melakukan setidaknya 2,5 jam aktivitas fisik intensitas sedang seminggu. Aktivitas fisik membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker, serta dapat membantu mengalahkan depresi juga.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com