Gaya Hidup

Ternyata ini Bahaya Minum Teh Hijau Berlebihan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Meski memiliki beragam khasiat, teh hijau ternyata dapat menyebabkan kegoyahan, kegelisahan, dan kegugupan. Itu karena teh hijau mengandung kafein sekitar 2-4 persen. Dilansir dari Boldsky, berikut bahaya lain dari konsumsi teh hijau berlebih.

Masalah Perut

Kandungan kafein bisa meningkatkan asam di perut dan menyebabkan masalah pencernaan. Efek sampingnya bisa berupa rasa sakit atau mual.

Sakit Kepala

Teh hijau dapat menyebabkan sakit kepala ringan sampai berat karena kandungan kafein di dalamnya. Oleh karena itu, tidak disarankan terlalu banyak mengonsumsinya jika sedang sakit kepala.

Masalah Tidur

Teh hijau bisa merangsang sistem saraf dan bisa membuat seseorang terjaga di malam hari bahkan insomnia. Kandungan kafein dalam teh hijau dapat menghambat bahan kimia penginduksi tidur di otak dan mempercepat produksi adrenalin.

Baca juga :  Karena 'Merokok Membunuhmu' Sudah Mainstream, Berikut Sindiran yang Lebih Keren

Defisiensi Zat Besi

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi terlalu banyak teh hijau dapat menyebabkan anemia. Sebab, berkurangnya penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Teh hijau yang mengandung tanin dan polifenol disebut menghalangi penyerapan zat besi dengan mengikat besi, sehingga kurang tersedia untuk tubuh.

Selain itu, kandungan kafeinnya dapat mempercepat detak jantung dan menyebabkan detak jantung tidak teratur, serta dapat menyebabkan palpitasi jantung yang dapat menyebabkan nyeri di dada.

Kontraksi Otot

Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kejang otot dan kedutan. Karena kafein dikaitkan dengan sindrom kaki yang gelisah, yang memaksa otot rangka berkontraksi dan menyebabkan kejang otot di kaki.

Diare

Kafein memiliki efek pencahar yang bila dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan diare. Jadi, minumlah teh hijau dalam jumlah sedang dan jangan diminum saat perut kosong.

Baca juga :  Ternyata ini Bahaya di Balik Air Minum Kemasan Galon Isi Ulang

Muntah

Sebuah penelitian di India mengungkapkan bahwa polifenol dalam teh hijau dapat menyebabkan stres oksidatif. Jika minum terlalu banyak bisa menyebabkan muntah dan mual. Oleh karena itu, konsumsi teh hijau dibatasi 300 sampai 400 mg per hari.

Mulas

Teh hijau bersifat asam yang bisa mengiritasi lapisan esofagus yang dapat menyebabkan mulas.

Gangguan Kadar Gula Darah

Orang yang menderita diabetes harus menghindari teh hijau karena bisa mengganggu kontrol gula darah. Penderita diabetes tipe 2 juga sebaiknya tidak minum teh hijau. Sebab, bisa menyebabkan gangguan pada kadar insulin.

Picu Osteoporosis

Kandungan kafein dalam teh hijau menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Konsumsi berlebihan teh hijau dapat meningkatkan tingkat ekskresi kalsium, yang dapat menyebabkan penyakit tulang seperti, osteoporosis.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com