Gaya Hidup

Tidur Bisa Meningkatkan IPK, Lho??

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ternyata tidur memiliki dampak yang cukup besar bagi performa kamu di kelas hingga meningkatkan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK). Tidak percaya? Belum lama ini sebuah studi meneliti 61 siswa dari Harvard College.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa yang waktu tidurnya berantakan memiliki korelasi dengan nilai akademisnya yang rendah. Begitu juga sebaliknya.

Bila kamu menginginkan peningkatan pada IPK, ada baiknya kamu mulai mengatur pola tidur. Apa saja sih manfaat mengatur pola tidur buat nilai akademis-mu? Berikut uraiannya seperti yang dilansir dari USA Today.

Pola Tidur Teratur

Tubuh memiliki jam biologis yang mengatur secara alami. Begitu juga dengan mengatur pola tidur. Ketika malam secara otomatis tubuh melepas hormon melatonin. Tidur tidak teratur akan membuat tubuh kamu menunda pelepasan hormon melatonin tersebut. Hal ini menyebabkan pola tidur kamu terganggu.

Baca juga :  Yuk Simak! Berikut Manfaat Tepuk Tangan Bagi Kesehatan
Advertisement

Terhindar Serangan Panik

Pola tidur tidak teratur menjadi penghalang bagi kinerja akademis. Pasalnya, kurang tidur mempunyai dampak pada kesehatan mental. Kurang tidur bisa menyebabkan kamu lebih mudah terkena serangan panik. Hal ini tentunya akan berpengaruh dalam kehidupan perkuliahanmu.

Produktif

Pola tidur tak teratur menyebabkan waktu beraktivitas kamu terganggu. Misalnya ketika seharusnya kamu bisa menjadwalkan untuk berolahraga ataupun belajar malah kamu habiskan untuk tidur dan mengantuk. Membetulkan pola tidur bisa membuat kamu lebih produktif. Pasalnya, lewat pola tidur yang baik kamu bisa lebih mampu mengatur waktu dengan jadwal yang teratur.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com