Gaya Hidup

Variasi Menu Makanan Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Alasannya

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Variasi menu makanan jadi salah satu faktor penting tumbuh kembang anak selain pemenuhan gizi seimbang. Sumber asupan yang didominasi satu sumber saja atau selalu sama setiap harinya juga tak baik untuk anak.

Dokter gizi, Maya W Haryono menjelaskan jenis makanan yang itu-itu saja atau monoton bakal mempengaruhi kesehatan anak jangka panjang.

“Kalau hanya didominasi satu sumber saja, ada risiko kekurangan zat gizi dalam jangka waktu yang lama. Itu sebabnya, butuh varian menu, dan susu bisa menjadi bagian dari gizi seimbang,” kata Maya seperti dikutip dari Antara.

Maya menambahkan, risiko lain yang mungkin dihadapi anak di masa mendatang bukan saja kekurangan gizi, melainkan juga pertumbuhan tulang hingga kesehatan gigi.

Baca juga :  Jenis Masker yang Paling Efektif Cegah Penularan 

Makanan dan gizi seimbang terdiri atas makanan pokok seperti sumber karbohidrat, sayur-sayuran, lauk-pauk dan buah-buahan. Jumlahnya pun harus seimbang sesuai angka cakupan gizi.

Advertisement

“Jumlah gizi akan kurang kalau makanan yang dimakan itu-itu aja, kayak makannya karbohidrat doang. Nutrisi lain harus dipenuhi juga protein, kalsium, fosfor, vitamin,” tutur dia lagi.

Kebutuhan gizi masing-masing anak akan berbeda pada setiap usia, oleh karena itu penting bagi orangtua untuk selalu memeriksa angka kebutuhan gizi.

“Periode pertumbuhan anak setiap usia kebutuhannya beda-beda, kita mengkategorikan berdasarkan kelompok umur. Pemenuhan nutrisinya juga beda-beda, tapi tujuannya sama untuk menjaga agar kualitas generasi anak-anak ini menjadi generasi yang sehat,” lanjutnya.

Itu sebab, ada baiknya para orang tua dan pengasuh mulai memikirkan variasi menu makanan untuk anak setiap harinya. Anda bisa memulainya dengan mencari inspirasi menu makanan dan menyusun daftar harian.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com