Inspirasi

Biayai Sekolahnya, Siswa ini ‘Nyambi’ Jadi Guru Bimbel

Deni Alfianto

INSPIRASI, EDUNEWS.ID – Keterbatasan ekonomi tak membuat Deni Alfianto tak patah arang. Dia tetap bersemangat dalam mengejar cita-cita dan impiannya. Saat ini Deni duduk di bangku kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Belopa, Kabupaten Luwu. Wakil Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) periode 2015-2016 ini adalah peraih juara 2 umum di sekolahnya.

Perjalanan hidup Deni bisa dibilang tak seindah dengan teman-teman sebayanya. Sejak SD ia sudah mengalami cobaan hidup. Ayahnya, Dermawan dan ibunya Nurhayati telah berpisah. Deni kemudian dipelihara oleh ibunya. Sementara ayahnya, menurut Deni, tak diketahui kemana perginya.

Dari pengakuan Deni, sejak SD biaya sekolahnya dibantu oleh pamannya Zurahman, saudara dari ayahnya yang memiliki usaha salon. Sepulang sekolah ia tak bermain. Bersama seorang adiknya, Deni membantu omnya itu untuk menambah biaya sekolah.

Baca juga :  Seorang Ibu Seperti Kristal Cemerlang Berwarna Cinta

Dari kerjanya membantu sang paman, Deni bisa terus melanjutkan sekolah hingga duduk di bangku SMA. Selain menimba ilmu, Deni juga sudah bisa berbagi ilmu dengan adik-adik kelasnya. Ia memberikan bimbingan belajar (bimbel) untuk mata pelajaran Matematika.

“Dari mengajar bimbel itu saya dapat uang untuk tambah-tambah biaya sekolah,” tutur Deni, dilansir dari Beritakotamakassar, Selasa (18/9/2016).

Selain Zurahman, bantuan biaya sekolah biasa Deni dapatkan dari tantenya, Yuniar.

“Kadang-kadang kalau terdesak biaya sekolah, saya dibantu tante. Kebetulan tanteku itu suaminya pelaut,” kata Deni yang tinggal serumah dengan ibunya.

Rumah tersebut merupakan warisan peninggala dari neneknya. Di tengah keterbatasan, prestasi terus ditorehkan Deni Alfianto. Selain ranking satu sejak kelas satu SD hingga kelas enam, di SMP ia masuk peringkat tujuh umum. Sementara di SMA peringkat dua umum.

Baca juga :  Karakterku Adalah Jalanku Menuju Sukses

Deni juga pernah mengikuti Olimpiade Sains tingkat nasional dua tahun berturut turut mewakili SMA 1 Belopa. Lomba Matematika tingkat Sulsel 2014-2015 dengan meraih ranking enam atau 10 besar tingkat Sulsulsel.

Sementara prestasi non akademik, di organisasi pramuka ia meraih juara satu umum kemah lomba tingkat Kabupaten Luwu dalam rangka Hari Pramuka Tahun 2014. Juara satu umum lomba Hello 4 Pramuka 2016, juara tiga umum PIK-R tingkat Sulsel yang yang digelar Badan KB dan Kependudukan.

Di bidang organisasi, sejak duduk di kelas I SMA 1 Belopa, Deni menjabat bendahara sekbid pendidikan dan wewarganegaraaan OSIS tahun 2014 -2016, sebagai Sekwan Pramuka SMA 1 Belopa, Wakil Ketua OSIS SMA 1 Belopa tahun 2015-2016.

Baca juga :  Mengenal Bang Ahmad Sahide

Deni Alfianto bertutur kelak ingin menjadi seorang manajer bank yang handal. Karena cita-citanya itu, Deni fokus belajar sambil berikhtiar.

Kepala SMA N 1 Belopa, Nurdin Muin,SPd,MPd mengatakan, sehari-harinya Deni Alfianto aktif di berbagai organisasi sekolah. Dia juga saah satu siswa berprestasi di bidang matematika. Karenanya, Deni diberi kepercayaan untuk memberi bimbingan belajar matematika kepada adik kelasnya.

“Deni itu tak pernah santai. Waktunya dihabiskan untuk belajar. Sebagai kepala sekolah, kami terus mendorong Deni untuk berprestasi,” kata Nurdin Muin.

Bahkan, Wakil Bupati Luwu, Amru Saher dan Kepala Dinas Pendidikan Luwu, Andi Pahri mensupport Deni Alfianto untuk bisa tembus tingkat provinsi maupun level nasional.

 

[Sumber : BeritaKotaMakassar]

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com