Ipoel Simatupang

Kepemimpinan Yang Memberdayakan di Lembaga Pendidikan

Oleh: Ipoel Simatoepang*

SIMILARITY, EDUNEWS.ID – Menikmati kepemimpinan pemimpin yang memberdayakan di lembaga pendidikan membutuhkan keteguhan dan kesabaran di dalam menjalankan perputaran organisasi agar sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari lembaga pendidkan tersebut.

Lembaga pendidikan yang baik sudah semestinya memiliki desain kelembagaaan secara utuh dan terpadu sebagai kompas dalam perjalanan lembaga pendidkan itu.

Desain pendidikan di lembaga pendidkan bisa berupa rencana strategis yang didalamnya menyangkut berbagai aspek di dalam pelaksanaan secara detail dalam operasional keseharian.

Lembaga pendidikan memiliki dokumen tertulis dan mudah dipahami oleh pemimpin yang memimpin pimpinan di semua sistem pendiidkan yang menjadi lingkupnya.

Sistem yang kuat berasal dari dokumen manual mutu yang menjadi pedoman di dalam memimpin timnya agar semua komponen tertuju kepada pencapaian visi, misi dan tujuan besar dari lembaga pendidikan dimaksud.

Pemahaman dari manual mutu yang kuat dari pemimpin akan memudahkan koordinasi dan evaluasi secara mudah berdasarkan indikator pencapaian yang sudah disusun sesuai dengan target pencapaian.

Bentuk dari pemahaman itu adalah bagaimana setiap individu yang terlibat di dalam kepemimpinan mengerti akan Job discription masing-masing komponen di dalam sistem kepemimpjnan itu.

Penguatan kapasitas dari setiap individu itu menjadi salah satu kunci keberhasilan kepemimpinan pemimpin di lembaga pendidikan dalam mencapai prestasi yang tinggi.

Kerjasama yang kuat antar lini menjadikan setiap komponen di dalam mencapai visi bersama menjadi lebih mudah untuk saling menguatkan pada sisi lemah yang bisa menjadi penghambat.

Komunikasi yang santun dan membesarkan setiap anggota tim membuat hati menjadi tenang dan kuat karena adanya saling penghargaan pada setiap komponen organisasi di lembaga pendidikan.

Setiap ancaman yang dilontarkan baik verbal maupun non verbal akan menjadi pengganjal seluruh komponen di lembaga pendidikan untuk menjalankan tugasnya dengan hati tenang. Ketenangan ini merupakan kebutuhan hal yang mendasar setiap anggota tim untuk dapat memaksimalkan dirinya dengan standar yang tinggi.

Kepemimpinan dengan menggunakan pendekatan sinisme atas anggota yang lain menjadi faktor pelemah semangat secara keseluruhan dari semua perencanaan yang disusun.

Pendekatan sinisme ini menjadi kehancuran kolektif bagi lembaga pendidkan apabila masalah ini tidak bisa dipecahkan sesegera mungkin. Timbulnya permusuhan terjadi karena adanya sikap sinisme yang berlebihan antara individu yang satu dengan yang lainnya.

Sikap pendendam yang dipelihara dan dipanjangkan menjadi momok besar di dalam membesarkan lembaga pendidikan di dalam sistem kepemimpinan pemimpin ini. Momok yang tidak kelihatan tetapi bisa menjadi dendam kesumat di dalam mengambil keputusan besar.

Mengagungkan masa lalu menjadi muara ketertinggalan berfikir dan bertindak dengan cepat untuk mengantisipasi permasalahan. Kecenderungan membandingkan kondisi masa lalu, masa kini dan masa akan datang yang berbeda permasalahan menjadi titik tekan di dalam mendiskusikan masalah.

Perencanaan yang tertulis adalah kunci di dalam menyusun perencanaan program sehingga bisa dijadikan bahan sharing bersama di dalam pelaksanaan pemrogram-program yang dicanangkan dan menjadi capaian yang mudah untuk dievaluasi.

Segala macam program disusun dengan menggunakan analisa yang standar untuk mencegah Risk Management (RIsiko Manajemen) yang akan dihadapi. Resiko ini sudah diprediksi dan diselesaikan sebelum program dijalankan. Ketika program sudah berjalan tidak ada lagi perencanaan dan segala macam rapat yang digunakan untuk sebagai alasan dalam penyelesaian permasalahan.

Kepemimpinan pemimpin yang memberdayakan adalah sekumpulan besar orang-orang dewasa yang membutuhkan solusi bukan dengan segala macam ancaman dalam menyelesaikan ketidakpahaman dalam menjalankan program mencapai mutu yang tinggi.

Ipoel Simatoepang. Penikmat Pendidikan.

Facebook Comments

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Close