JABODETABEK

Anies Ingin Manfaatkan Pulau Reklamasi untuk Kepentingan Publik

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menentukan nasib Pulau C dan D hasil reklamasi di Teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun. Dia ingin mengelola pulau tersebut semaksimal mungkin untuk kepentingan publik.

“Kami akan mengelola tempat (Pulau C dan D) yang sudah terlanjur jadi untuk semaksimal mungkin bagi kepentingan publik,” ujar Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Namun, sebelum rencana itu direalisasikan harus ada pembahasan lebih dalam dengan institusi terkait. Sebab, reklamasi bukan hanya menjadi wewenang Pemerintah Provinsi DKI, tetapi juga pemerintah pusat.

“Tentu harus ada pembahasan, tapi sebelum kami sampaikan raperda (rancangan peraturan daerah) harus ada pembentukan institusi-institusi yang memang diamanatkan oleh perpres (peraturan presiden) dan oleh perda (peraturan daerah),” jelasnya.

Baca juga :  Sistem Ganjil-Genap tidak Diberlakukan di Jagorawi
Advertisement

Lebih lanjut Anies menegaskan, reklamasi tidak dicantumkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2017-2022. Artinya, Pemprov DKI sudah memutuskan untuk memberhentikan proyek yang dikerjakan di Teluk Jakarta itu.

“Kalau RPJMD kan menjelaskan apa yang akan kami kerjakan. Jadi dari situ anda bisa lihat jelas, apa yang kami kerjakan tidak menyebutkan soal reklamasi,” tegas dia.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan, dengan tidak adanya reklamasi dalam RPJMD maka dirinya telah menepati janji kampanyenya saat Pilkada DKI 2017 lalu. “Artinya bahwa itu bukan dari rencana kami dan sesuai dengan janji kami,” pungkasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com