JABODETABEK

‘Harusnya PKS Minta Anies Cabut Pergub HBKB’

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Deklarasi Relawan #2019GantiPresiden yang digelar di depan patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Ahad (6/5/2018) pagi menuai kritik dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

PSI menilai acara yang diinisiasi Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera ini telah menyalahi aturan yang ada di arena car free day (CFD). Jurubicara PSI, Rian Ernest menyebut PKS yang menjadi inisiator acara ini telah melanggar Pergub DKI tentang larangan digelarnya kegiatan politik di arena CFD.

“PKS telah melanggar pasal 7 Pergub DKI 12/2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Tidak boleh kegiatan politik di car free day,” ujar Ernest melalui keterangan tertulisnya, Ahad (6/5/2018).

Baca juga :  Kawasan Kampung Melayu dan Cawang Kebanjiran Akibat Luapan Sungai Ciliwung

Lebih lanjut, Ernest mendesak PKS untuk meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut Pergub itu jika ingin terus-terusan menggelar acara politik di arena CFD. Selain itu, PKS juga bisa mengajukan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Agung (MA).

Advertisement

“Minta Gubernur yang mereka gadang, Anies Baswedan untuk revisi pergub, atau judicial review ke MA,” tukasnya. Sementara itu, Mardani telah meluruskan bahwa deklarasi ini tidak ada kepentingan partai politik (parpol).

Bahkan kehadirannya di acara ini juga bukan sebagai anggota PKS, tapi sebagai deklarator aksi. Sedangkan mengenai tempat, Mardani menjelaskan bahwa deklarasi awalnya akan digelar di Taman Aspirasi. Tetapi, karena ada dua acara kebaktian di lokasi tersebut, pihak kepolisian kemudian memindahkan acara deklarasi ke sekitar Patung Kuda.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com