JABODETABEK

Pemprov DKI Bantah Tidak Sanggup Beresin Kali Item

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil alih permasalahan bau tidak sedap di Kali Sentiong atau yang dikenal Kali Item.

Kepala dinas Lingkungan hidup DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan peran serta pemerintah di Kali Sentiong bukan berarti Pemprov tidak mampu menangani permasalahan yang ada. Menurutnya keberadaan pemerintah pusat merupakan bagian dari kolabirasi antar instasi.

“Jadi sebetulnya ini semua kan berfikirnya kedepan kan Asian games ini kan untuk kepentingan bersama saya rasa ini kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan pusat,” ujarnya saat dikawasan GBK, Jakarta Pusat, Senin (30/7/2018).

Meski pusat sudah turun tangan, bukan berarti Dinas LH DKI ongkang-ongkang. Isnawa menjelaskan tetap mengarahkan anggotanya untuk tetap melakukan berbagai upaya untuk menghilangakan aroma tak sedap tersebut.

Baca,   Sebanyak 37 Gedung Tinggi di Jakarta Tak Punya Sumur Resapan

“Kami di kali item sudah menurunkan petugas terkait dengan penjernihan kali item dan penyiapan baku mutu air teknisnya ada di dinas SDA, tapi kami memonitor dari perubahan baku mutunya,” kata Isnawa.

Diketahui, dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air bersama Dinas PU Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melakukan upaya untuk mengurangi bau di ‘KaliI item’.

Adapun salah satu cara yang dilakukan yakni dengan membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong). Air berasal dari Bendung Katulampa di Bogor yang dialirkan hingga ke Kali Sentiong melalui Kali Baru Timur.

Baca,   Pemprov DKI Disarankan Buat Kurikulum Pedidikan Bahaya Narkoba

Selain itu, secara paralel juga dilakukan upaya untuk mengalihkan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dengan cara dipompa, sehingga mengurangi debit air kotor yang masuk ke kali Sentiong.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!