JABODETABEK

Warga DKI Diminta Tak Sembarang Sebar Foto Bunuh Diri

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta masyarakat DKI Jakarta yang aktif menggunakan sosial media untuk tak mudah menyebarkan foto-foto peristiwa bunuh diri ke orang lain.

Menurut Sandiaga, foto-foto terkait peristiwa kriminal bunuh diri maupun peristiwa kriminal lainnya bisa memicu orang lain untuk menirunya. “Jangan menyebar foto-foto tentang kejadian yang kemungkinan memicu yang kita sebut sebagai copycat (meniru),” ujar Sandiaga, Rabu (9/5/2018).

Apalagi, lanjut Sandiaga orang yang meniru tersebut mengalami depresi atau gangguan jiwa lainnya yang bisa berpotensi meniru perbuatan yang ia lihat di gambar atau foto yang tersebar. “Karena orang-orang yang mengalami depresi dan mental health issue itu tendensinya sangat tinggi untuk melakukan copycat. Dan mohon netizen bisa bersikap dewasa untuk tidak meng-share,” jelas Sandiaga

Baca juga :  Warga Terganggu Penutupan Jalan Bisa Gugat Anies ke PTUN

Menurut Sandiaga kejadian kriminal seperti bunuh diri, aksi kekerasan, hingga peredaran narkoba bagaikan puncak dari gunung es. Masalah yang ada di bawahnya juga harus menjadi perhatian. Sandiaga menilai akar permasalahan dari semua aksi kriminal itu adalah masalah kejiwaan. “Itu memiliki akar yang sama yaitu permasalahan kesehatan jiwa,” ucapnya.

Untuk menyelesaikan masalah itu, Sandiaga kembali menyampaikan rencananya membuat Jakarta Institute for Mental Health, yang sedang memasuki tahap finalisasi dan berharap segera diselesaikan. “Ini yang kita harapkan segera tim dari Dinas Kesehatan dan Biro Kesos memfinalisasikan Jakarta Institute for Mental Health,” harap Sandiaga.

Sesosok mayat pria ditemukan tewas tergantung di tiang lampu jalan di tengah jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) di daerah Pasar Rebo, KM 30, Jakarta Timur, Selasa 8 Mei 2018 malam. Pria tersebut diduga gantung diri dan sudah tergantung di tempat itu sejak pukul 23.00 WIB di ketinggian beberapa meter dari tanah. Pria yang tergantung itu sempat menjadi tontonan warga yang melintas.

Baca juga :  Anies Tolak Rencana Puan Soal Libur Sekolah saat Asian Games 2018

Dari laporan sementara, pria yang hanya menggunakan celana pendek jins tersebut diketahui sebagai warga DK Kedawung RT.01/ 01 Kedawung Limpung, Batang, Jawa Tengah. Dari pemeriksaan tidak ada tanda-tanda kekerasan dan diduga murni gantung diri. Saat ini mayat di bawa ke RS Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!