Dunia Islam

Begini Cara Berbagi yang Dianjurkan Islam

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pada bulan Ramadan 2020, CNNIndonesia.com menghadirkan program kultum Gapai Kemuliaan. Kali ini, kultum akan berbicara soal cara berbagi menurut Islam. Ajaran Islam mengajarkan umatnya untuk memberikan hal-hal atau barang yang masih dicintainya.

Penceramah:
Cendekiawan Islam, Komaruddin Hidayat

Ass. Wr. Wb.

Kita diajari oleh orang tua tentang satu etika yang sangat bagus. Kalau kita berbagi itu, hendaknya [berbagi lah] hal-hal atau barang yang memang kita sendiri masih mencintainya. Kalau kita memberikan sesuatu yang tidak kita senangi, maka itu sama saja dengan menjadikan teman kita sebagai ‘keranjang sampah’.

Kalau kita makan juga begitu. Hendaknya juga kita berbagi makanan yang juga kita senangi pada orang lain. Kalau kita memberikan makanan yang tidak kita senangi, artinya kita merendahkan martabat orang lain sekaligus merendahkan martabat diri kita.

Baca juga :  Doa Saat Melihat Orang yang Tertimpa Musibah

Allah SWT telah memberikan yang terbaik untuk kita. Luar biasa yang diberikan oleh Allah itu, tak bisa diukur oleh apa pun. Tapi, kadang kita lupa untuk mensyukuri anugerah yang dimiliki.

Terkadang kita tergoda untuk bersedekah memberikan pakaian yang sudah tidak kita pakai atau makanan sisa. Coba lah kita biasakan untuk berbagai hal-hal dan barang-barang yang kita sukai.

Advertisement

Tidak akan ada orang yang berbagi dengan orang lain kemudian jatuh miskin. Yang ada justru menambah saudara, kawan, kebahagiaan. Allah bahkan berjanji akan menambahkan rezeki orang yang berbagi.

Ini, kan, seperti hukum alam. Kalau kita keluarkan, maka ia akan datang lagi. Enggak ada ruang yang kosong itu.

Nah, hendaknya juga kita berbagi dengan tulus dan menghindari pamer. Ini penting sekali. Alquran mengajarkan kita untuk berbagi dengan tulus. Dengan demikian, orang yang menerima juga insya Allah akan tulus.

Ajaran Islam untuk berbagi ini tercantum dalam QS Ali Imran ayat 92.

لَن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

Artinya:
“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.”

Jadi, serahkan lah pada Allah. Tidak usah kita kemudian mengharapkan pujian, tepuk tangan. Tidak perlu itu.

Wass. Wr. Wb.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com